22.12.22

Before-After, Aksi Membersihkan Tempat Umum yang Dapat Menjadi Contoh Masyarakat

  Membersihkan Sampah di Pantai, Halaman Sekolah dan Area Pemukiman Warga Di Gunung Kidul 

Essay 3 Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Oleh :

Brhyllianda Ridwan Susila / 21310410115


    Sampah tak lain adalah sisa-sisa aktivitas yang terjadi karena proses alam atau manusia itu sendiri, sampah yang tidak terkontrol penanganannya dapat membahayakan kesehatan dan kelangsungan ekosistem dalam lingkungan. Kegiatan Before-After ini terlaksana dengan dorongan dari Dosen Psikologi Lingkungan Dr. Arundati Shinta demi memenuhi tugas sebelum Ujian Akhir Semester. Kegiatan ini awalnya dipandang berat, namun ketika dilaksanakan perasaan senang muncul dalam hati dan bahagia untuk melanjutkan kegiatan hingga yang ke 4 kalinya.



    Kegiatan Before-After yang pertama saya lakukan yaitu membersihkan area pantai kukup di Gunung Kidul pada 1 Desember 2022 dimulai dari jam 13.02 sampai 13.48 menyusuri pesisir pantai, Sampah yang saya dapatkan kemudian Saya kumpulkan lalu dibuang ditempat pembuangan sampah


    Selanjutya pada 20 Desember 2022 Saya mengunjungi salah satu sekolah yang berada di dekat rumah Saya tepatya di area gudang SMP Negeri 1 Semin Gunug Kidul. Saya melihat sampah yang banyak berserakan tertiup angin. Mungkin karena gudang adalah area yang jarang dijamah dan sekolah baru dalam masa libur jadi mungkin kebersihan belum kembali diperhatikan. Disini Saya melakukan kegiatan dari pukul 16.55 sampai 17.30 menjelang maghrib.



    Kemudian dilanjutkan hari berikutnya yaitu pada tanggal 21 Desember 2022 pada pukul 16.04 sampai dengan 16.37 membersihkan area halaman belakang rumah warga di daerah Saya yang sudah lansia dari sisa-sisa penebangan pohon.





    Lalu yang terakhir di hari yang sama saya melanjutkan membersihkan dam memindahkan puing-puing sisa pembangunan rumah warga yang sudah tidak terpakai, kegiatan saya lakukan pukul 16.47 sampai dengan 17.15.


    Semoga kegiatan Befote-After ini kedapannya akan merubah pandangan serta memperluas wawasan kita bahwa sampah adalah ancaman yang sangat serius jika tidak ditangani dengan baik. Alangkah baiknya dimulai dengan diri kita sendiri di lingkungan kita sendiri, dengan begitu harapan untuk sadar akan kebersihan di tempat tempat umum akan tertanam dalam diri.

0 komentar:

Posting Komentar