22.12.22

BERPARTISIPASI DALAM LOMBA ESSAY COMPETITION GOLKAR INSTITUTE

 ESSAY PRESTASI PSIKOLOGI LINGKUNGAN 

Dosen Pengampu : Dr.Dra Arundati Shinta, M.A

Oleh : Binti Nadhifah/ 21310410118

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Dalam rangka menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Golkar Institute menyelenggarakan Essay Competition 2022 untuk semua mahasiswa strata-1 (S1) di seluruh Indonesia. Tema kompetisi esai ini adalah “Menyongsong Pemilu 2024: Bagaimana Partai Politik Harus Bertransformasi?” dengan total hadiah mencapai Rp 100 juta.Periode pendaftaran adalah 20 Oktober 2022 sampai 18 November 2022. Pengumpulan karya dilakukan pada 19 November sampai 5 Desember 2022. Kemudian, periode penjurian dilakukan pada 10 Desember sampai 30 Desember 2022 dan pemenang lomba akan diumumkan pada 11 Januari 2023.Juara I akan mendapatkan Rp 45 juta,  juara II sebesar Rp 25 juta, dan juara III sebanyak Rp 10 juta. Juara harapan satu sampai lima juga akan mendapatkan masing-masing Rp 2 juta.  Ada juga hadiah untuk 10 esai terbaik pilihan pembaca yang akan mendapatkan masing-masing Rp 1 juta. 

Maka saat itu saya memutuskan untuk mengikuti lomba Golkar Institute Essay Competition 2022 dengan topik yang tersedia pada  Golkar Institute Training  App  maka tema yang saya ambil adalah ''Peran Pemuda Dalam Kancah Politik Untuk Mewujudkan Demokrasi Indonesia Yang Lebih Baik''  dengan harapan besar essay tersebut mampu membuka pikiran pemuda indonesia betapa pentingnya keterlibatan para pemuda dalam politik, Pemikiran kritis, kreatif dengan cita rasa idealisme mampu  untuk mengawal  demokrasi salah satunya saat pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden. Di tambah Indonesia akan memasuki bonus demografis dimana jumlah penduduk usia produktif yang besar menyediakan sumber tenaga kerja, pelaku usaha, dan konsumen potensial yang sangat berperan dalam percepatan pembangunan. Tentu momentum ini adalah kesempatan bagi generasi muda ikut aktif berpartisipasi dalam ranah politik untuk melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. 

Dengan modal tekat yang kuat saya berhasil menyelesaikan essay dengan jumlah kata 1.201 kata. yang saat ini masih  dalam tahap penjurian, pengumuman serentak di umumkan pada tanggal 11 januari 2023.  Bahwa sejatinya mencoba jauh lebih baik dari pada tidak pernah mencoba, karna mencoba dalam kompetisi merupakan ajang untuk mengembangkan potensi. 

0 komentar:

Posting Komentar