15.12.22

Perubahan diri,essay 3

 

PERUBAHAN DIRI DALAM BIDANG OLAHRAGA

Essay 3

psikologi inovasi

Rosnafina

22310420040

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, M. A.

 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Kesehatan tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia, karena kesehatan merupakan keadaan yang paling penting dalam menjalankan berbagai aktivitas. Tanpa kesehatan manusia akan mengalami hambatan dan penurunan kondisi fisik. Kesehatan adalah keadaan seimbang yang dinamis, dipengaruhi faktor genetik, lingkungan dan pola hidup sehari-hari seperti makan, minum, kerja, istirahat, hingga pengelolaan kehidupan emosional (Priana dkk, 2021). 


Kemudahan dan pesatnya IPTEKS mengakibatkan kebanyakan orang malas dalam melakukan aktvitas fisik. Olahraga menjadi dilupakan oleh sebagian individu, dengan berbagai alasan diantaranya kesibukan dan tidak mempunyai banyak waktu luang untuk berolahraga dan karena kesibukan pula semakin sulit mengatur jadwal berolahraga. Pada saat ini banyak orang yang memiliki gaya hidup yang kurang baik, terutama dalam pola makan, tidur, dan olahraga yang dilakukan dengan tidak benar. Selain menjaga pola makan, hal penting lainnya adalah melakukan aktivitas olahraga (Priana dkk, 2021).

Bagi saya, olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap harinya. Awalnya memang malas karena harus bangun pagi-pagi. Namun ketika kebiasaan itu saya lakukan terus-menerus, maka banyak manfaat yang didapat dari tubuh. Seperti halnya saya, sebelum saya rutin melakukan olahraga ringan setiap hari, saya sering jatuh sakit, sering pusing, sakit kepala, dan juga stres, tentu olahraga ringan ini dibarengi dengan pola makan yang sehat dan juga menjaga pola emosional dengan menjauhi berbagai macam hal yang dapat memicu penyakit seperti kopi, alkohol, dan lingkungan yang memicu stres. Sebelum adanya tugas ini, saya sudah rutin melakukan olahraga ringan dengan berjalan kaki ketika subuh, sekitar jam 04.30 pagi hingga jam 07.00-08.00 pagi, dengan mengelilingi kompleks dimana saya kos. Dengan bangun pagi dan berjalan kaki tentu selain udara yang masih sangat sejuk, lingkungan sekitar juga masih sepi, itu membuat perasaan dan pikiran menjadi lebih tenang, selain itu berjalan kaki, saya juga melakukan lari-lari kecil hingga keluar kompleks kos saya.

Jogging yang saya lakukan masih terus saya lakukan hingga saat ini dan akan terus saya lakukan, karena banyak perubahan yang terjadi pada tubuh saya, menjadi lebih sehat, tidur teratur, badan menjadi ringan dan tentunya pernapasan menjadi lega karena polusi harian di kota Yogyakarta yang banyak kendaraan berlalu-lalang. 

Menjelang akhir tahun seperti sekarang ini, jogging yang saya lakukan juga dibarengi dengan latihan menari sebagai persiapan untuk natal. Menari juga merupakan hobi saya, selain hobi tentu menari mampu melepaskan penat dan stres, juga sebagai olahraga tambahan karena mampu mengeluarkan keringat, beban pikiran, serta kebahagiaan tersendiri. Selain mendapatkan kesehatan karena melakukan olahraga hampir setiap hari saya lakukan, saya juga mendapatkan nilai tambah dari tugas yang diberikan oleh dosen. Hal ini tentu tidak memberatkan saya dalam mengerjakan tugas. 

Daftar Pustaka

Priana, A. Dkk. (2021). Peningkatan Kesehatan Melalui Program Informal Sport Masa Pandemi Covid 19 Menuju New Normal Pada Masyarakat Dsn. Kalapanunggal Dan Dsn. Ancol Kec. Sindang Kasih Kab. Ciamis. Jurnal Pengabdian Siliwangi. Vol. 7, No. 1.


Selain di pagi hari saya melakukan jogging, saya juga sering melakukan jogging di sore hari bersama dengan teman dan saudara saya, jadi lingkungan tempat untuk jogging tidak hanya lingkungan kompleks saya, melainkan tempat yang lain misalnya Tambak Boyo, Mandala Krida, Alun-alun (Utara/Selatan). Memang di tempat-tempat yang ramai tersebut tentu banyak polusi, apalagi jika tempat tersebut banyak orang yang melakukan aktivitas jogging, namun saya lebih suka melakukan jogging di pagi hari keliling kompleks, karena udaranya yang masih bersih dan juga segar. 



0 komentar:

Posting Komentar