15.12.22

PERUBAHAN DIRI BAIK DARI SEGI JASMANI MAUPUN ROHANI

 

Essay 3 Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Di susun oleh: Inge Zukhruf Warohmah  (22310420041)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Manusia merupakan mahluk sosial yang pada dasarnya tidak bisa hidup sendiri. Dalam keseharian kita membutuhkan orang lain untuk menjalani kehisupan yang lebih baik. Akan tetapi pada kenyataanya tidak semua lingkungan sosial baik untuk diri kita jika dilihat dari segi fisik maupun mental. Mungkin biasa saja kita pernah mengalami pengalaman buruk di lingkungan kita tumbuh. Misalnya seperti lingkungan sekolah yang mana terdapat pembulian atau lingkungan dengan senioritas tinggi. Tentu saja hal ini tidak hanya bisa terjadi disekolah, di lingkungan kerja maupun tempat tinggal kita juga bisa terjadi hal serupa. Stetment masyarakat tentang suatu hal baik buruk, atau benar salah juga sangat mengaruhi kita terhadap moralitas yang kita yakini.

Semua hal itu tidak luput dari perubahan lingkungan yang ada di sekitar kita dimana mau tidak mau kita juga harus mampu untuk mengikuti arus perubahan tanpa kehilangan jati diri. Pertama kita harus mengetahui apa kelamahan kita yang mana kurang sesuai dengan keadaan sekitar. Hal ini harus dilakukan dengan kesadaran penuh karena memang tidak mudah menerima pendapat buruk orang lain terhadap diri kita. Barulah setelah itu kita rubah kelemahan kita menjadi alat untuk melakukan perubahan. Contoh sederhananya saja seperti memotvasi diri kita untuk bergerak keluar dari lingkungan yang kurang membangun sebelumnya.

Contoh sederhana perubahan diri yang saya lakukan adalah dengan olah raga. Pada awalnya saya menang bukan orang yang gemar melakukan olahraga, terutama olah raga berat. Hal ini karena saya memiliki kekurangan yaitu merasa tidak ahli atau mahir melakukan berbagai macam olahraga sejak sekolah SMP maupun SMA dulu. Hal ini membuat saya minder dengan teman-teman yang lain dan pada akhirnya saya jutru malah merasa tidak termotivasi sama sekali untuk kegiatan olahraga. Akan tetapi pada kesempatan kali ini karena adanya tuntutan atau paksaan melakukan kegiatan olahraga saya menjalaninya perlahan. Berikut table atau kegiatan olahraga yang saya lakukan.

Tanggal

Kegiatan

Waktu

Jarak

Minggu, 2 oktober 2022

Jalan santai

05.30 - 06.05

1500m

Sabtu, 8 oktober 2022

Jalan santai

05.40 - 06.00

1500m

Rabu, 12 oktober 2022

Lari santai

15.30 - 16.15

-

Minggu, 16 oktober 2022 dan Rabu, 19 oktober

Lari santai

06.00 - 06.35

2000m

Rabu, 2 november 2022

Lari santai

06.00 - 06.45

2100m

Minggu, 6 november 2022

Lari santai

06.00 - 06.45

-

Minggu, 13 november 2022

Lari santai

06.10 – 07.00

4000m

 

Kegiatan olah raga ini memang saya lakukan dengan terpaksa bahkan ada saat saat tertentu saya upa mencatat jarak tempuh lari karena saya lupa sudah berapakali bolak balik. Area yang saya gunakan untuk lari hanya sejauh 200 meter di jalan depan rumah. Tetapi semakin lama saya menyadari satu hal bahwa pemandangan di dekat rumah saya itu cukup lumayan menghibut terutama di pagi hari yang terkadang masih ada kabut di sela sela pepohonan. Selain itu tetangga saya yang mana juga merupakan teman kecil saya melihat kegiatan jogging santai yang saya lakukan dimana hal ini membuat dia tertarik untuk ikut jalan santai bersama. Akhirnya saya pernah beberapa kali mengubah jalur lari saya yang mana awalnya hanya bolak balik di sekitar rumah kini berpindah di pinggiran waduk sermo. Terkadang berdua saling curhat masalah pribadi masing masing sembali jalan agak cepat.

Pada akhirnya kegiatan perubahan yang awalnya terpaksa saya lakukan ini semakin lama saya merasa mendapat hikmah yang jauh lebih besar dari sekedar olahraga saja. Saya semakin sadar bahwa alam di sekitar saya itu ternyata terlihat lebih indak, sejuk menyegarkan ketika dilihat dengan keadaan santai.  Selain itu  terkadang, walau tidak pasti setiap minggu tetapi teman saya itu mengajak untuk jogging di pinggir area waduk sambil refresing. Manfaat lain yang saya terima dari kegiatan ini dimana saya merasa mengeluarka keringan setelah berolahraga itu sungguh menyegarkan walau diawal saya sama sekali tidak ada minat tapi pada akirnya ini sangat bermanfaat dan menjadi suatu pengalaman berharga baik secara fisik maupun mental saya.



0 komentar:

Posting Komentar