13.12.22

PERANANA SERTA AKSI NYATA MAHASISWA DALAM MELAKUKAN TINDAKAN SERTA PERILAKU PRO-LINGKUNGAN


Essay 3 Psikologi Lingkungan

Arya Apolonio

NIM : 21310410109

Kelas Reguler / Semester 3

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

PERANANA SERTA AKSI NYATA MAHASISWA DALAM MELAKUKAN TINDAKAN SERTA PERILAKU PRO-LINGKUNGAN



Dewasa ini sampah merupakan permasalahan yang cukup besar yang di hadapi oleh seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang sangat besar yaitu, mencapai 276,4 juta (2021) tentu sampah akan menjadi salah satu permasalahan yang harus disikapi dengan serius mengingat semangkin besar populasi manusia maka semangkin besar pula produk sampah yang di hasilkan baik itu sampah organik maupun sampah anorganik. Masalah sampah pada dasarnya merupakan masalah yang penting. Bahkan bisa dikatakan bahwa itu adalah masalah budaya. Sampah perkotaan Seperti kota-kota besar, diperkirakan rata-rata volume sampah yang dihasilkan per kapita sekitar 0,5 kg/orang/hari. Dengan demikian, jumlah sampah yang dihasilkan sekitar 5.000 ton/hari. Dengan jumlah yang relatif besar tersebut, diperlukan penanganan khusus. Jika tidak segera ditangani, kota-kota tersebut akan menjadi timbunan sampah dengan segala dampak negatif yang mengikutinya, terutama bagi kelestarian lingkungan.

Meningkatnya sampah sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk. Meningkatnya daya beli masyarakat terhadap produksi barang dan teknologi serta meningkatnya usaha atau kegiatan yang mendukung pertumbuhan ekonomi di suatu daerah juga memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kuantitas dan kualitas sampah yang dihasilkan masyarakat. Disamping itu pemerintah telah berusaha semaksimal mungkin dalam mengatasi permasalahan yang sering kali dihadapi terkait sampah yang ada, terutama sampah rumah tangga. Namun sebenarnya pengelolaan sampah memiliki alternatif yang tepat dalam mengatasi penumpukan sampah yang berlebihan dan tidak terkendali, yaitu dengan melakukan pemilahan sampah-sampah rumah tangga sehingga di tempat pembuangan akhir sampah yang ada dapat di kelola dan diolah dengan baik dan benar sesuatu prosedur.

Dalam rangka pembelajaran secara nyata dalam mata kuliah Psikologi Lingkungan, mahasiswa Psikolog semester 3 melakukan banyak kegiatan dalam melakukan perilaku pro lingkungan salah satunya seperti yang saya terapkan yaitu Before-After. Dalam mata kuliah ini kami di ajarkan agar mampu untuk melakukan kebiasaan yang baik dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan hak kecil seperti memilah serta membuang sampah pada tempatnya. Harapan kedepannya setelah menyandang gelar S. Psi mahasiswa yang ada akan mampu menjadi penggerak dalam masyarakat untuk memiliki sikap peduli pada lingkungan hidup. Di bawah ini terdapat dokumentasi yang saya lakukan dalam melakukan kegiatan Before-After untuk melatih sikap pro lingkungan. Sehingga beberapa tempat umum yang terlihat kotor dan banyak sampah dapat menjadi bersih dan hijau kembali. Adapun kegiatan ini saya lakukan pada hari yang sama pada tanggal 27 oktober 2022 dengan 4 tempat yang berbeda yaitu, gerbang Stadion Maguwoharjo, gerbang masuk kantor BPTP Yogyakarta, selokan di tepi jalan raya sekitaran Condong Catur dan yang terakhir jalan komplek PJKA Babarsari. Dengan adanya kegiatan serta tindakan nyata yang di lakukan oleh mahasiswa besar harapannya ilmu serta hal-hal  baik yang didapatkan dapat diimplementasikan secara nyata di kehidupan nyata. Bersama kita bisa menjaga bumi kita dari sampah.




















Daftar Pustaka :

Sugandini, D., Sukarno, A., Effendi, M. I., Kundarto, M., Ramahwati, E. D., & Arundati, R. (2020). PRILAKU KONSUMEN PRO LIGKUNGAN. Yogyakarta: Zahir Publishing.

0 komentar:

Posting Komentar