14.12.22

Menjaga Lingkungan Dengan Plogging

 Menjaga Kesehatan dan Lingkungan Dengan Melakukan Plogging

Essay 3 Psikologi Lingkungan

Pra-syarat Ujian Akhir Semester 3

Nurul Mawaddah (21310410028)

Dosen Pengampu : DR. Arundati Shinta, M.A.

Implementasi aksi pelestarian bumi semakin terintegrasi di berbagai bidang, salah satunya olahraga. Dorongan kegiatan ini bertujuan untuk melihat sisi inisiatif dan inovatif, seperti Plogging. Plogging adalah aktivitas yang mengombinasikan jogging dan pengumpulan sampah. Kegiatan ini dipopulerkan di Swedia pada 2016. Aktivitas yang mendorong orang untuk tetap sehat sambil menjaga lingkungan ini, telah menyebar ke seluruh dunia tetapi belum begitu populer di Indonesia. Daya tarik dari Plogging adalah kesederhanaan dalam kegiatannya. Anda hanya butuh perlengkapan jogging dan kantung sampah dan semakin bugar dengan melakukan hal yang baik. Dengan berlari, kemudian  jongkok untuk memungut sampah, manfaat kesehatan diasumsikan meningkat. Dengan setiap langkah, kita telah berkontribusi untuk melestarikan alam dalam mengurangi pencemaran lingkungan. Jika semua orang mau memanfaatkan waktu dan tenaga mereka untuk memungut sampah disepanjang jalan, perubahan besar akan kita rasakan dalam waktu yang singkat untuk menyelamatkan bumi ini. Plogging menjadi salah satu olahraga yang bergairah dengan berkontribusi kepada alam. Dengan melakukan Plogging, olahraga jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Pada foto pertama saya melakukan Plogging di Embung Tambak Boyo, lingkungannya lumayan bersih tetapi masih ada sampah-sampah yang berserak pada pinggir jalur yang biasa digunakan untuk joging. Sembari berolahraga saya memunguti sampah-sampah tersebut dan mengumpulkannya dalam satu plastik sampah setelah terkumpul saya bawa ke tempat pengepul sampah dan menimbang sampah yang sudah saya pungut sebanyak 500 gram.

Selanjutnya, pada foto kedua saya melakukan Plogging di Stadion Maguwoharjo, pada lingkungan tersebut sangat banyak sampah yang berserakan disetiap sisi jalannya, mungkin dikarenakan tempat tersebut juga menjadi spot wisata kuliner, banyak orang yang tidak peduli akan lingkungannya dengan membuang sampah sembarangan, sembari saya lari sore saya juga memungut sampah-sampah yang berserakan tersebut lalu ditimbang ke pengepul sampah. Banyaknya sampah yang saya pungut pada area tersebut sebanyak 1,2 kilogram. Seharusnya para pedagang dan masyarakat yang berwisata kuliner ke tempat tersebut bisa lebih memperhatikan lingkungan dan menjaga kebersihan dengan mengumpulkan sampahnya atau membuang sampah pada tempatnya.

Yang ketiga saya melakukan Plogging di sebuah lapangan sepak bola didaerah Cokrodiningratan Yogyakarta. Di lapangan tersebut terlihat banyak sampah plastik dan dedaunan yang berserakan seperti tidak ada yang mengurus untuk membersihkan tempat tersebut. Jadi saya berinisiatif untuk joging sekaligus membersihkan sampah-sampah yang berserak di tepian lapangan. Dalam sekali putaran berlari sambil memungut sampah menghasilkan 1 kilogram sampah yang terkumpul.

Foto terakhir ketika saya melakukan Plogging di Stadion Mandala Krida, pada lingkungan stadion sebenarnya sudah terbilang cukup bersih karena selalu dirawat, tetapi ketika saya melakukan Plogging disana kebetulan setelah ada acara di Stadion tersebut dan banyak sampah bekas minuman dan kotak makanan masih berserak diarea jalur joging di Stadion tersebut. Lalu saya memunguti sampah-sampah tersebut dalam satu plastik sampah yang besar hingga penuh dan kebetulan sekali didepan Stadion ada bank sampah yang dimana banyak sekali orang-orang yang sedang berkegiatan membenahi dan memilah sampah, lalu saya bawa sampah yang sudah dikumpulkan ke bank sampah tersebut untuk menimbang dan menghasilkan 1,7 kilogram sampah.

Setelah melakukan kegiatan Plogging tersebut saya merasa lega melihat tempat yang tadinya sangat kotor berserak sampah menjadi bersih. Plogging memang kegiatan yang sangat mengasyikan jika terus ditekuni maka sangat berpengaruh baik pada kesehatan kita dan membuat lingkungan menjadi bersih dari sampah.









0 komentar:

Posting Komentar