13.12.22

KEGIATAN BEFORE AFTER PEMBERSIHAN SAMPAH DI LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL

 







Essay Ke 3 Psikologi Lingkungan 

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A. 

Di Susun Oleh :

Lisa Devita Saripi/21310410106 

Reguler (A)

T.A Ganjil 2022


Lingkungan hidup yang bersih dan sehat merupakan dambaan bagi setiap warga masyarakat. Lingkungan bersih dan sehat juga merupakan salah satu modal dasar penting bagi pembangunan manusia indonesia karena kualitas lingkungan sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat. Namun demikian masalah kebersihan dan kesehatan lingkungan selalu menjadi  polemik berkepanjangan di masyarakat. Bahkan kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan dan kesehatan lingkungan selalu meningkat setiap tahun.kepedulian masyarakat yang rendah terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan semakin memperparah kondisi lingkungan. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai atau selokan yang dapat menyebabkan banjir yang tak terduga.

Maka dari itu kebersihan di suatu lingkungan tempat tinggal sangat mempengaruhi kesehatan orang di sekitar serta pola perilaku yang mereka miliki di kehidupan sosial. Karena lingkungan mampu mengundang dan mendatangkan perilaku, lingkungan mampu membentuk diri, dan lingkungan mampu mempengaruhi citra diri. Sebegitu besarnya peran lingkungan dengan kehidupan manusia. Tidak hanya faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial akan tetapi, perilaku manusia bisa mengubah lingkungan contohnya seperti manusia yang sering menebang pohon dan lain-lain.

Untuk menciptakan lingkungan yang bersih serta sehat saya melakukan kegiatan before after yang saya lakukan di sekitaran lingkungan tempat tinggal saya. Yang mana ada empat lokasi berbeda, di antaranya:

Pertama, saya melakukan before after di asrama tempat saya tinggal yakni Asrama Muamalat , yang saya bersihkan pada hari minggu 11 Desember 2022 di alamat Jl. Meces, Saki, Umbulmartani, Sleman, DIY, Saya melakukan kegiatan ini di halaman  depan asrama yang sudah terbilang cukup kotor.

                                                        


         

Kedua, saya melakukan kegiatan before after di sekitaran jalan jalan kaliurang yang terletak di desa meces pada hari minggu 11 Desember 2022`

 

                                                            

Ketiga saya melakukan kegiatan before after setelah beberapa hari saya mengunjungi kos kaka saya yang terletak di pemukiman padat penduduk yang mana di dalam satu kos-kosan tersebut di huni oleh beberapa mahasiswa dan pekerja, ketika saya mengunjungi tempat tersebut saya melihat ada begitu banyak kotoran yang tidak di bersihkan, maka dari itu saya memiliki inisiatif untuk membersihkan lingkungan kos kaka saya.  Kegiatan ini saya lakukan di hari sabtu 19 November 2022.

 

         



Ke empat, saya melukan kegiatan before after di sekitaran tempat parkiran asrama laki-laki yang saat itu sangat kotor, kegiatan ini saya lakukan pada hari minggu 11 Desember 2022.

 












Daftar Pustaka

Nuqul Lubabin Fathul. ( 2019). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perilaku Manusia : Studi Terhadap Perilaku Penonton Bioskop.

Nugroho Susatyo Ary dkk . (2015). Pengelolahan Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Masyarakat Kalicari Kec. Pedurungan Kota Semarang. Hal : 21-22


0 komentar:

Posting Komentar