13.12.22

Pentingnya Kesadaran Dalam Menjaga Lingkungan

 

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

ESSAY 3

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

Oleh :

Meli Nur Hidayah (21310410085)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



 

Istilah “lingkungan” sering kali digunakan secara bergantian dengan istilah “lingkungan hidup”. Kedua istilah tersebut meskipun secara harfiah dapat dibedakan, tetapi pada umumnya digunakan dengan makna yang sama, yaitu lingkungan dalam pengertian yang luas, yang meliputi lingkungan fisik, kimia, maupun biologi (lingkungan hidup manusia, lingkungan hidup hewan dan lingkungan hidup tumbuhan). Lingkungan juga merupakan tempat untuk makhluk hidup berkembang biak sehingga betapa penting nya lingkungan bagi kehidupan manusia. Agar lingkungan tetap bersih dan sehat maka hendaknya kita jaga kelestarian nya dengan cara apa? Tentu saja dalam menjaga lingkungan sendiri memiliki banyak sekali cara yang bisa di lakukan. Selain itu siapakah yang harus menjaga lingkungan? Tentu saja menjaga lingkungan merupakan tugas dan tanggung jawab bersama. Lingkungan selalu erat kaitan nya dengan pencemaran lingkungan, dan disini ada banyak hal yang bisa mencemari lingkungan salah satu yang paling sering di jumpai adalah kerusakan lingkungan atau pencemaran akibat sampah.

Sampah sendiri di hasilkan dari sisa sisa makanan atau produk yang sudah tidak memiliki manfaat dan tidak ada harganya. Masalah sampah sampai saat ini menjadi masalah yang cukup serius dan belum bisa teratasi secara tuntas, semakin hari semakin banyak sampah yang di hasilkan karena populasi manusia yang semakin bertumbuh pesat. Dalam menjaga lingkungan saya sebagai mahasiswa psikologi tentu saja memiliki peran yang sangat penting. Disini saya juga sudah berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan melakukan kegiatan before after. Kegiatan tersebut merupakan salah satu contoh nyata yang saya lakukan dalam menjaga lingkungan. Awal nya saya pikir melakukan hal tersebut sangatlah membosankan dan malu jika di lihat oleh orang lain. Tapi setelah saya melakukan nya ternyata itu merupakan hal yang asik. Walaupun saat melakukan hal tersebut tak jarang saya mendapat perhatian dari orang lain yang menganggap saya hanya melakukan kegiatan itu sebagai pencitraan. Namun ini merupakan tantangan bagi saya untuk melatih mental dan tidak memperdulikan pandangan buruk orang lain terhadap apa yang saya lakukan. Prinsip saya selama kegiatan yang saya lakukan positif dan tidak merugikan orang lain maka saya tidak perlu ragu untuk melakukan nya.

Berikut ini akan saya lampirkan dokumentasi dari kegiatan before after yang saya lakukan.



yang pertama saya melakukan before after di depan kost dan di jalan sekitar lingkungan kost, saya menyapu sampah dedauan kering, sampah plastik dan  bekas bungkusan makanan, sebenarnya saya tidak sendiri tapi saya juga di bantu oleh mba penjaga yang biasanya membersihkan lingkungan di kost tempat saya tinggal.



tempat kedua yang saya pilih adalah di bawah fly over di daerah janti, karena di situ banyak sekali sampah yang hanya di kumpulkan di pinggir jalan tidak di buang kepada tempat sampah atau tempat pembuangan. saat melakukan kegiatan before after di situ ada banyak sekali orang yang meilhat saya dengan pandangan yang heran karena saya memunguti sampah yang berserakan.
tempat ketiga adalah di embung tambak boyo. di tempat ini biasanya saya  melkukan kegiatan olahraga seperi jogging atau sekedar streching, namun kali ini berbeda karena saya memunguti sampah yang ada di sekitar tambak boyo, sampah yang di punguti cukup banyak ada berupa plastik pembungkus makanan, dedaunan kering dll.

tempat yang terakhir adalah di jalan sekitar stadion maguwoharjo. disini karena waktunya cukup sore akhirnya saya kehujanan saat melakukan kegiatan before after, karena posisinya di dekat jalan membuat orang yang lewat melihat saya memunguti sampah di pinggir jalan sambil hujan hujanan. jujur ini adalah moment yang seru karena bisa hujan hujanan sambil memunguti sampah yang berserakan di pinggir jalan.

dari kegiatan before after yang saya lakukan, saya menjadi sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan dari sampah agar lingkungan tidak tercemari dan tetap terjaga keasrian nya. kesadaran akan hal tersebut harus di miliki oleh semua orang agar masalah sampah bisa teratasi.


DAFTAR PUSTAKA
Azhar, A., Basyir, M. D., & Alfitri, A. (2015). Hubungan pengetahuan dan etika lingkungan dengan sikap dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan13(1), 36-41.

 

0 komentar:

Posting Komentar