14.12.22

Pentingnya Menjaga Lingkungan dari Hal Terkecil

  

Essay 3 Psikologi Lingkungan Before-After

Psikologi Lingkungan (Reguler)

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

Maliqazuhra Iqbal (21310410003)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Semester Ganjil T.A 2022/2023

Menjaga Kesehatan Lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan sang pencipta kepada hamba-Nya, Kesehatan Lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar penyakit.

Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:

  1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
  2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
  3. Bebas dari polusi udara.
  4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
  5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih. Meskipun mereka telah berhasil menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga, tak sedikit orang yang mengabaikan kebersihan dalam lingkungan masyarakat. Tingkat kesadaran masyarakat yang rendah dalam menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat, dapat dilihat dari cara mereka membuang sampah. Apakah masyarakat membuang pada tempatnya, masih sering kita temui sampah di jalanan, bibir pantai, sungai, selokan, jembatan, pasar, stadion, bahkan di tempat umum banyak sampah seperti plastik, botol, sampah organik lainnya, dll . Adanya petugas kebersihan hanyalah sebagai pembantu dalam menjaga kebersihan. Sedangkan faktor utama yang sangat berpengaruh agar lingkungan masyarakat terlihat bersih dan sehat adalah kesadaran masyarakat itu sendiri dari membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan plastik.

Kegiatan Before-After yang pertama, saya lakukan dipantai Cemara Sewu, Kab. Bantul saya melaksanakannya pada hari minggu, 23 Oktober 2022 setelah kegiatan MAKRAB Psikologi, kegiatan ini dilaksanakan agar pantai tetap bersih dikarenakan saat kegiatan ini mengakibatkan banyak sampah plastic, box makanan, dan botol berserakan, jadi agar tetap menjaga kebersihan pantai saya dan teman-teman gotong royong dalam membersihan area disekitar tempat kegiatan MAKRAB.

Untuk Before-After kedua saya melakukannya di  Stadion Maguwoharjo, Kab. Sleman, dilakukan pada hari Kamis, 24 November 2022 dari jam 07.45-09.00WIB. Stadion Maguwoharjo selain untuk tempat menonton pertandingan sepak bola, juga menjadi tempat olahraga lainnya, adapun sampah yang identik di sana seperti, botol, banner, batang kayu, dedauanan dan beberapa sampah kertas karcis parkir.

Selanjutnya untuk Before-After yang ketiga saya melakukannya di Embung Tambakboyo, Condongcatur, Kab. Sleman dilakukan pada hari Kamis, 24 November 2022 dari jam 09.30-10.45WIB. untuk di Embung Tambakboyo hanya terdapat dibeberapa tempat saja dan lebih didominasi oleh sampah organik seperti ranting dan daun, ada beberapa sampah anorganik seperti botol minuman dan sampah makanan.

Lalu untuk Before-After yang keempat saya melakukannya di Sungai, Tambak Bayan, Caturtunggal, Kab. Sleman, dilakukan pada hari Jumat, 02 Desember 2022 dari jam 13.30-15.00WIB. Sungai yang di gunakan warga untuk sebagai sumber air bersih dan penangkaran ikan ini mulai tercemar dengan sampah kantong plastic, bungkus sabun cuci baju, pempers dan sampah lainnya, yang mengakibatkan sungai sudah mulai tercemar dan bau.

Lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup yang ada di muka bumi, termasuk manusia, hewan dan tumbuhan harus kita jaga kebersihannya serta kelestariannya.

 

Reference :

https://www.kompasiana.com/syaifiyatulhsevy/610f54ae6e7f0143e27ad672/pentingnya-pemilahan-sampah-terhadap-lingkungan (diakses 07 Desember 2022)

https://blog.unnes.ac.id/asmeliaaddawiyah/2015/11/25/pentingnya-menjaga-kesehatan-lingkungan-di-sekitar-kita/ (diakses 09 Desember 2022)

https://www.galerimedika.com/blog/Pentingnya-Menjaga-Kebersihan-Lingkungan-Dimulai-dari-Diri-Sendiri (diakses 12 Desember 2022)

  

0 komentar:

Posting Komentar