6.12.22

PENGABDIAN MASYARAKAT - HIMAPSI GOES TO SCHOOL

 Himapsi Goes To School : Bentuk Konkrit Kepedulian Terhadap Generasi Penerus Bangsa

Essay Prestasi - Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Oleh :

Qoyyimah Sofiati / 21310410036

Pendidikan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. Untuk mencapai tujuan tersebut, perguruan tinggi tentu tidak hanya berperan sebagai pusat pengajaran tetapi perguruan tinggi sebagai masyakarat ilmiah dituntut untuk berperan secara aktif positif dalam memecahkan permasalahan (problem solver) yang dihadapi masyarakat dengan menghasilkan ilmu yang siap pakai, dalam arti penemu masalah (problem finder). Dengan demikian, ilmu yang diperoleh melalui penelitian dapat digunakan untuk menerangkan (to explain), meramalkan (to predict) atau peristiwa (event).

Sebagai masyarakat ilmiah, tentu ada hal yang menjadi persoalan mengapa sebagaian besar mahasiswa enggan turut berperan melakukan kegiatan-kegiatan konkrit di masyarakat salah satunya karena tidak memiliki keberanian untuk melangkah jauh, masih merasa rendah diri akan pengetahuan yang dimiliki, dan juga kurangnya inisiatif sebagai partisipatif. Berbeda dengan Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogykarta yang berhasil menyelenggarakan suatu kegiatan yaitu Himapsi Goes To School (HGTS) yang merupakan wujud kepedulian sebagai himpunan mahasiswa pada Pendidikan Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui ilmu pengetahuan  khususnya dibidang Psikologi. Hal ini juga didasarkan pada kewajiabn Tri Dharma Perguruan Tiggi yang salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat. Bentuk  konkrit kepedulian Himapsi ini adalah dengan mengadakan kegiatan Himapsi Goes To School yang dalam hal ini kunjungan ke beberapa sekolah SMA/SMK di Yogyakarta. Tujuan dari kegaiatan ini adalah Mengembangkan sikap dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap generasi bangsa, Mengembangkan jiwa kepedulian dan tanggung jawab terhadap kesehatan mental, serta Meningkatkan tali silaturrahmi dan keakraban dengan adik-adik SMA/SMK.

Himapsi Goes To School berhasil memasuki dan berbagi pengetahuan di 2 sekolah yaitu SMK 1 Yogyakarta dan SMA Kolombo Sleman. SMA 3 Yogyakarta juga menjadi salah satu sekolah yang dituju, namun karena beberapa hal yang tidak disepakati oleh mahasiswa Psikologi sehingga sekolah tersebut dibatalkan. Tema dari Himapsi Goes To School ini adalah: Generasi Muda Tangguh dan Sehat Jiwa Menghadapi Perubahan Dunia (Young People and Mental Health in A Changing World)”. Tema tersebut diangkat sesuai dengan tujuan utama dari kegiatan ini, yaitu untuk menambah pengetahuan adik-adik SMA/SMK khususnya di bidang psikologi. Kegiatan ini meliputi sharing pengetahuan dan sosialisasi mengenai psikologi dan kesehatan mental yang sedang marak terjadi saat ini. Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menyebarkan isu kesehatan mental.


HGST ini dikemas dalam beberapa kegiatan, seperti pengenalan Himapsi Goes To School itu sendiri yang disampaikan oleh Qoyyimah Sofiati selaku ketua pelaksana, pemaparan materi, ice breaking, serta kuis untuk mengetahui apakah siswa-siswi memperhatikan pemaparan materi dan terakhir diadakan sesi hiburan. Dengan terlaksananya Himapasi Goes To School (HGTS) ini, diharapkan terjalin relasi yang baik antara Himapsi dan sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta. Kemudian dengan adanya acara ini, bisa menambah wawawan, pengetahuan, serta pengalaman baik siswa dari sekolah yang dituju maupun Himapsi sebagai penyelenggara kegiatan. Output tersendiri untuk mahasiswa Psikologi dalam kegiatan ini adalah simulasi untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus dari Psikologi dan berkarir sebagai Trainer ataupun karir lainnya.



Referensi:

Yuliawati, Sri. "Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia." Jurnal Ilmiah Widya, 2012.


0 komentar:

Posting Komentar