3.12.22

Peduli Lingkungan dengan Bergabung Bersama Mahasiswa Pencinta Alam




Essay Prestasi Psikologi Lingkungan

Elfa Hidayaturrohmah

NIM : 21310410032

Kelas Reguler / Semester 3

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

    Mahasiswa Pencinta Alam merupakan salah satu Unit kegiatan Mahasiswa yang berorientasi pada ke-pecintaan alam serta pada lingkungan. Mahasiswa Pencinta Alam merupakan organisasi intra kampus yang berorientasi pada sosial serta melindungi keberlangsungan kehidupan alam serta lingkungan. Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam ini meliputi gunung hutan, susur Goa, panjat tebing, dan arung jeram. Mahasiswa Pencinta Alam dalam menjalankan aktivitas perlindungan alam dan lingkungan didasarkan atas kepedulian pribadi serta panggilan hati juga tidak membutuhkan bayaran dalam menjalakan itu semua.

    Berkaitan dengan namanya yaitu Mahasiswa Pencinta Alam namun tidak hanya sekedar mencintai, para mahasiswa juga memiliki devisi gunung hutan yang didalam-Nya mencakup beberapa materi yang sangat penting kita aplikasikan terhadap lingkungan atau masyarakat. Materi tersebut lingkungan hidup yang terbagi menjadi dua yaitu zero waste  dan konservasi. Zero waste sendiri sebuah konsep yang mengajak kita untuk menggunakan produk sekali pakai dengan lebih bijak untuk mengurangi jumlah dan dampak buruk dari sampah. Tujuan dari zero waste adalah agar sampah tidak berakhir di TPA, menjaga sumber daya dan melestarikan alam. Manfaat dari zero waste : Minim sampah, karena tujuan utama zero waste adalah mengurangi dan meminimalisir sampah, tentunya manfaat utama yang paling dirasakan adalah produksi sampah menjadi berkurang. Sehat, menerapkan zero waste akan membuat kita lebih sehat, kita tidak lagi mengonsumsi makanan instan dalam kemasan. Hemat, gaya belanja kita jadi akan lebih banyak perhitungan karena sebisa mungkin kamu akan membeli makanan tanpa kemasan, yang lebih banyak didapatkan di psar tradisional dengan harga yang murah. Konsep-konsep zero waste yaitu refuse  (menolak) reduce (mengurangi) reuse (menggunakan kembali) recycle (mendaur ulang) rot (membusukkan).

  Sedangkan konservasi sendiri yaitu upaya melestarikan dengan memperhitungkan manfaat alam dan warga sekitar. Manfaat dari konservasi : melestarikan flora dan fauna, mencegah pencemaran yang terjadi di lingkungan hidup, dan menjaga ekosistem. Tantangan dari konservasi ini terdiri dari : pencemaran (air, udara, tanah), penambangan, penebangan hutan, tempat wisata, tidak ada daerah resapan air dan industri.


Daftar Pustaka

https://www.dictio.id/t/apakah-yang-dimaksud-dengan-mahasiswa-pecinta-alam/42500



0 komentar:

Posting Komentar