3.12.22

Meningkatkan Kesehatan Lingkungan dengan Cara Membersihkan Tempat Umum


Essay 3 Psikologi Lingkungan

Elfa Hidayaturrohmah

NIM : 21310410032

Kelas Reguler / Semester 3

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

    Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap warga negara di wilayah tempat tinggalnya. Lingkungan yang bersih mencerminkan kualitas hidup masyarakat, dan juga menjamin terjaganya kesehatan masing-masing individu. Tinggal di lingkungan yang kotor dan kumuh tentu rawan akan berbagai persebaran penyakit. Selain buruk bagi kesehatan para penghuninya, lingkungan yang kotor juga tentu tak sedap dipandang mata. Untuk itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan dan manfaatnya bagi kehidupan sangat nyata adanya. Tak heran jika seluruh pemerintah dari berbagai negara berlomba-lomba untuk menggerakkan warganya dalam hal menjaga lingkungan. Kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan dan manfaatnya juga sudah harus dibangkitkan sejak dini. Kebersihan lingkungan adalah keadaan di mana lingkungan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan masih saja selalu menjadi masalah dan perdebatan. Salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan rumah dan halaman. Dengan membiasakan diri menjaga kebersihan rumah dan halaman, hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih terbiasa untuk membersihkan lingkungan sekitar lainnya

    Banyak cara membersihkan lingkungan yang bisa dilakukan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan selokan, dan memisahkan jenis sampah. Dengan upaya-upaya tersebut, lingkungan akan menjadi lebih bersih dan menurunkan risiko penyakit berbahaya. Menjaga kelestarian lingkungan menjadi salah satu tugas wajib setiap manusia. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan. Jika tidak dirawat dengan baik, maka lingkungan alam akan rusak dan bisa mengancam setiap makhluk hidup. 

    Alasan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang pertama adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan manusia secara keseluruhan. Keadaan lingkungan memainkan peran besar dalam kesehatan secara keseluruhan. Kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Artinya, manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah membuat kesehatan tetap terjaga. Lingkungan yang tidak bersih menjadi tempat terbaik untuk sarang nyamuk. Belum lagi dengan berbagai bakteri yang turut hidup di dalamnya. Tidak hanya kesehatan fisik saja yang terjaga ketika kamu memiliki lingkungan yang bersih. Lingkungan yang sehat juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang. Udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Meningkatkan kualitas hidup tentu akan membuat seseorang terhindar dari kesehatan mental.

    Salah satu cara saya menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan melakukan pembersihan sampah-sampah di tempat umum. Before after pertama yang saya lalukan di Pantai Cemara Sewu pada tanggal 23 Oktober 2022. Saya membersihkan kawasan lingkungan cemara sewu dari pukul 08.00 – 09.00 yang dilakukan bersama-sama saat makrab psikologi. Kawasan Pantai Cemara Sewu cukup kotor padahal tempat wisata itu seharusnya bebas sampah.






    Before after yang kedua saya lalukan di Stadion Mandala Krida pada tanggal  29 Oktober 2022. Saya lihat di kawasan Stadion Mandala Krida tidak begitu banyak sampahnya karena terawat oleh petugas kebersihan di Stadion Mandala Krida.




    Before after yang ketiga saya lalukan di Stadion Maguwoharjo pada tanggal 2 Oktober 2022, pada saat itu stadion sangat kotor karena saat itu stadion di gunakan untuk acara pertemuan antar genk motor. Mereka tidak menjaga kawasan stadion agar tetap bersih melainkan mereka membuang sampahnya sembarangan.



    Before after yang ke empat saya lakukan di lingkungan sekretariat GALAKSI 45 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta pada tanggal 1 Desember 20222. Saya menyapu halamannya yang penuh dengan daun-daun berhamburan. Selain membersihkan sampah nonorganik pada befor after yang sebelumnya kini saya banyak membersihkan sampah-sampah organik. Sampah organik ini kadang di timbun/diolah untuk di jadikan kompos oleh anak-anak GALAKSI 45. 



Daftar Pustaka

https://kelurahanbanjarejo.madiunkota.go.id/alasanpentingnyamenjagakebersihanlingkunganbantulindungikesehatan/#:~:text=Alasan%20pentingnya%20menjaga%20kebersihan%20lingkungan%20yang%20pertama%20adalah%20untuk%20membantu,berbahaa%20seperti%20asma%20dan%20bronkitis.



0 komentar:

Posting Komentar