23.12.22

MERINGKAS JURNAL SEBAGAI REFERENSI PENELITIAN PIO

 Bayu Pratama (19310410022)

Yogyakarta


Topik

Pengelolaan, peran pemerintah, sampah.

Sumber

Kharisma, T (2013). Peran Pemerintah Boyolali Dalam Pengelolaan Sampah Lingkungan Permukiman Perkotaan (Studi Kasus: Perumahan Bumi Singkil Permai). Jurnal Wilayah dan Lingkungan Volume 1 Nomor 1, April 2013, 1-16

Permasalahan

Pengolahan sampah selama ini hanya dilakukan di TPA padahal diperlukan pengelolaan sampah dari timbulan sampah untuk mengurangi penumpukan sampah di TPA.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah Boyolali dalam pengelolaan sampah lingkungan permukiman perkotaan.

Isi

·     Peran pemerintah Boyolali sebagai service provider dalam pengelolan sampah yaitu menyediakan prasarana pengelolaan sampah seperti papan informasi volume sampah, tong sampah organik dan anorganik, gerobak sampah, TPS, dan pengangkutan sampah. Selain itu, pemerintah Boyolali juga memberikan percontohan pengelolaan sampah di Perumahan Bumi Singkil Permai

·   Penilaian peran pemerintah ini berdasarkan research question yakni bagaimana peran pemerintah Boyolali dalam pengelolaan sampah lingkungan permukiman perkotaan dan research statement yaitu pemerintah Boyolali memiliki peran yang besar dalam pengelolaan sampah lingkungan permukiman perkotaan.

·  Peran pemerintah sebagai regulator dikatakan ideal jika telah merumuskan kebijakan sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat dan kebutuhan lokal daerahnya dalam upaya pemecahan masalah. Sedangkan peran pemerintah sebagai service provider dikatakan ideal jika telah menyediakan pelayanan pengelolaan sampah, memberi contoh, dan membuat inovasi

Metode

·   Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data telaah dokumen dan kuesioner. Serta dilakukan dengan teknik analisis statistik deskripstif.

·   Variabel penelitian terdiri dari variabel dependen dan independen. Variabel peran pemerintah sebagai regulator dalam pengelolaan sampah memiliki objek penelitian (N) yaitu pemerintah untuk mengetahui regulasi-regulasi yang dirumuskan pemerintah dalam pengelolaan sampah. Responden (n) pemerintah berjumlah tiga orang. Sedangkan objek penelitian pada variabel peran pemerintah sebagai service provider dalam pengelolaan sampah adalah masyarakat. Responden (n) masyarakat berjumlah sebelas orang.

·  Teknik pengambilan kasus pada penelitian ini termasuk pada typical case yaitu diawali dengan adanya research statement dan melihat hubungan antara kebijakan pemerintah dan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah.

Hasil

Peran pemerintah sebagai regulator dan service provider dalam pengelolaan sampah tidak terlepas dari teknis pengelolaan sampah yang meliputi timbulan sampah, pewadahan, pengumpulan, pemindahan, pengolahan, dan pengangkutan. Kedua peran pemerintah tersebut memiliki hubungan/keterkaitan misalnya pada timbulan sampah, pemerintah sebagai regulator merumuskan program pencatatan volume timbulan sampah, selanjutnya pada peran pemerintah sebagai service provider, pemerintah menyediakan papan informasi untuk mencatat volume timbulan sampah rumah tangga.
Pemerintah sudah memposisikan sebagai regulator sesuai dengan pemerintah pusat dan kebutuhan lokal daerah yaitu upaya pemecahan pengelolaan sampah lingkungan permukiman. Namun, ada kekurangan yaitu pelaksanaan regulasi belum dilaksanakan maksimal seperti pelaksanaan sanksi retribusi pada perda retribusi. Sedangkan untuk analisis peran pemerintah sebagai service provider, pemerintah Boyolali juga sudah memposisikan sebagai service provider sesuai dengan dengan pemerintah pusat dan membuat inovasi untuk kebutuhan prasarana penyediaan pengelolaan sampah seperti penyediaan tas sampah dan pengolahan komposting dengan gentong.

Diskusi

·     Peran pemerintah sangat penting untuk turut serta dalam pengelolaan sampah perkotaan.

·      Hasil analisis ini  kedepannya akan dijadikan acuan untuk membuat alat  ukur kuantitatif dalam bentuk survey.

·      Studi ini dapat  menjadi studi awal dari proses pembuatan program intervensi dalam pengelolaan sampah perkotaan.

 


0 komentar:

Posting Komentar