4.12.22

MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH UNTUK MEMINIMALISIR TERDAMPAK PENYAKIT


Oleh:

Alfiantika Pratiwi (21310410094)

Kelas A (Reguler)

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Psikologi Lingkungan (Essay 3)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Semester Ganjil T.A 2022/2023

Sebuah lingkungan yang bersih dan asri merupakan dambaan bagi semua orang. Lingkungan memberikan dampak positif terhadap kehidupan. Lingkungan yang bersih dan sehat merupakan lingkungan yang bebas dari berbagai kotoran seperti debu, sampah, dan bau. Sebuah proses penularan penyakit banyak disebabkan oleh mikroba, lingkungan yang bersih harus bebas dari bahan kimia berbahaya. Sebuah kewajiban kita sebagai makhluk hidup harus menjaga lingkungan sekitar yang memiliki dampak bagi kehidupan (Webmaster, 2020). Membersihkan lingkungan sekitar merupakan sebuah cara yang mudah untuk menjaganya. Saya melakukan pembersihan diberbagai tempat di sekeliling rumah. Terdapat empat tempat, yaitu :

Gambar yang pertama melakukan pembersihan before after di jalan depan rumah. Jalan tersebut sering dilalui pengendara dan masih banyak pohon di sekeliling jalan tersebut makanya daun-daun dan sampah yang di buang secara sembarangan berserakan. Maka dari itu saya membersihkannya, meskipun setiap sore jalan tersebut dibersihkan tapi tidak menutup kemungkinan akan selalu kotor. Saya membersihkan jalanan tersebut saat sore hari, karena angin sore hari sudah tidak terlalu kencang dari pada siang hari.  

Gambar kedua before after saya membersihkan samping rumah yang sudah berlumut dan ditumbuhi tumbuhan. Karena tempat ini sering terkena hujan dan jarang terkena sinar matahari. Maka dari itu saya memberisihkan tempt ini agar tidak bertambah banyak lumutnya dan untuk tidak menjadi sarang nyamuk. Pembersihan ini dilakukan pagi hari agar semagatnya masih terjaga.

Gambar yang ketiga before after yang ketiga saya membersihkan belakang rumah. Tempat ini ditanami seperti pohon pisang, pepaya, sereh, labu, cabe dan lain sebagainya. Tempat ini akhir-akhir ini seing tidak dipedulikan. Makanya saya membersihkan tempat ini agar tanaman yang lain tidak terganggu saat bertumbuh. Karena sering diabaikan ada tanaman yang lama bertumbuh, kemungkinan terganggu dalam pertumbuhan. Saya membersihkan tempat ini siang hari saat selesai membersihkan tempat yang lain.

Gambar terakhir yaitu kondisi depan rumah yang berserakan daun kelapa. Maka dari itu saya membersihkan tempat tersebut agar saat dilihat tidak merasa risih. Daun kepala yang berserakan tadi bisa diggunakan untuk bahan bakar saat memasak. Saya tinggal di daerah desa, tradisi atau kebiasaan yang dahulu sering menggunakan tungku masih terjaga sampai sekarang, meskipun tetap menggunakan kompor gas tetapi penggunaan tungku kayu masih tetap ada. Maka terkanag daun kelapa dan kayunya digunakan dan dimanfaatkan. Saya membersihkan tempat itu setelah saya selesai membersihkan daerah rumah.

Kenapa saya lebih terfokus membersihkan sekitar rumah? Karena saya berfikir bahwa menunmbuhkan rasa cinta lingkungan dengan cara memfokuskannya untuk menjaga lingkungan yang ada disekeliling kita. Dari hal itu akan merembet ke semua tempat. Menjaga kebersihan di sekitar rumah memberikan dampak positif kenyamanan untuk kita dalam kebhidupan sehari-hari. Lingkungan yang dijaga akan meminimalisir kemungkinan untuk tidak terserang penyakit. Banyak sekali kasus DBD yang diakibatkan oleh lingkungan sekeliling rumah yang tidak pernah dibersihkan dan dibiarkan. Maka dari itu penting sekali kita menjaga lingkungan, terutama lingkungan sekitar rumah.

Apa aja manfaat menjaga lingkungan itu sih? Manfaatnya yaitu, mengurangi resiko penyebaran  penyakit, lingkungan terjaga dan lebih asri, bebas polusi, merasa nyaman, air akan semakin bersih, kesehatan terjaga dan lain sebagainya (Nugroho, Kaswinami, & Prasetiy, 2012).

 

REFERENSI

Nugroho, A. S., Kaswinami, F., & Prasetiy. (2012). Pengelolaan Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Masyarakat Kelicari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. media.neliti , 21-22.

Webmaster. (2020, November 19). semarangkota.go.id. Retrieved from Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang : https://dlh.semarangkota.go.id/penting-5-manfaat-menjaga-kebersihan/#:~:text=Dengan%20melakukan%20pencegahan%2Dpencegahan%20seperti,aman%2C%20nyaman%2C%20dan%20tetram.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar