5.12.22

MAHASISWA BERPRESTASI UNIV. PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 Penyerahan Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Univ. Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Prestasi - Psikologi Lingkungan 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Oleh :

Qoyyimah Sofiati / 21310410036

Dalam menjalani aktivita sebagai mahasiswa, tentunya tidak hanya sebatas kuliah kemudian pulang tanpa melakukan hal lain atau suatu kegiatan yang menjadi pengisi disela-sela waktu luang yang di luar jam perkuliahan. Sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa Psikologi, banyak hal yang dapat dilakukan sebagai mahasiswa, baik dengan berorganisasi maupun dengan banyak menorehkan prestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Terkadang, stigma mahasiswa yang menjadikan perkuliahan sebagai hal yang memberatkan yang menjadikan mahasiswa takut untuk berkompetisi dan menorehkan prestasi. Menjadi sebuah masalah juga adalah minimnya keberanian untuk mencoba hal baru, masih ragu, bahkan terkait hal yang dikuasai juga itu takut untuk dicoba, kurangnya kepercayaan diri yang harusnya bisa untuk diatasi karena dengan ketidakpercayaan diri akan kemampuan yang dimiliki, itu justru menghambat kita untuk berkembang.


Berbeda dengan Qoyyimah Sofiati, salah satu mahasiswa program studi Psikologi Univ. Proklamasi 45 Yogyakarta, ia berhasil menjadi salah satu dari 10 mahasiswa berprestasi di kampus Univ. Proklamasi 45 Yogyakarta. Hal ini tentu tidak pernah terbayang sebelumnya karena surat pemberitahuan masuk secara tiba-tiba bahwa ia terpilih sebagai mahasiswa berprestasi. Berada di semester 3 saat ini, Qoyyimah bisa mengatasi masalah-masalah yang bisa saja menghambat pengembangan dirinya. Dalam dua semester dia berhasil meraih dua juara yaitu juara 1 terbaik dalam kompetisi Public Speaking yang diadakan Univ. Aisysyah Yogyakarta dan juara 3 lomba poster yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Univ. Proklamasi 45 Yogyakarta.

Pada hari Rabu, 2 November 2022, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta melaksanakan Acara Wisuda Sarjana Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Periode Semester Genap TA. 2021/2022. Salah satu rangkaian dari acara wisuda adalah penyerahan penghargaan bagi para mahasiswa berprestasi yang ada di Univ. Proklamasi 45 Yogyakarta yang sukses mengharumkan nama almamater pada bidang akademik maupun non akademik. Acara ini diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta serta dihadiri oleh Rektor, wakil rektor, dekan dan kaprodi, Ketua Yayasan Pusat UP4, ketua LLDIKTI Wilayah V, dosen, wisudawan/I beserta orang tuanya.

Qoyyimah merupakan salah satu mahasiswa yang berkuliah karena menerima beasiswa penuh KIP-K. Dengan mendapat beasiswa itu, ia memperoleh banyak hal positif. Sehingga menambah rasa bangga pada diri sendiri dikarenakan penyerahan penghargaan mahasiswa berprestasi disaksikan langsung oleh ketua LLDIKTI Wilayah V pemberi beasiswa dengan terus mendorong mahasiswa untuk berani berkompetisi dengan baik.

Pencapaian ini sangat penulis persembahkan kepada orang tua, bapak/ibu dosen yang selalu membantu dan mengarahkan, serta orang-orang yang selalu ada men-support. Tentu, menjadi mahasiswa berprestasi tidak cukup hanya melalui penilaian akademik. Tetapi mahasiswa harus pula bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Menanamkan sikap cinta tanah air yang tinggi serta memiliki perilaku yang baik. Namun, bagi Qoyyimah menjadi gelar berprestasi tidaklah penting, namun hal yang lebih penting adalah bagaimana proses tersebut mampu membuat ia memiliki kekuatan atau dampak untuk menginspirasi orang lain di jalan yang benar.




0 komentar:

Posting Komentar