5.12.22

Di Favoritkan UGM saat Lomba Kesehatan Mental Reels Instagram

 


PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Essay Prestasi

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

Oleh:

REFISKHA SALSA BILLA (21310410095)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Kesehatan mental merupakan kondiri dimana seseorang merasa bebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental.  Individu yang mentalnya sehat dapat menjalani hari-harinya dengan produktif.hal itu berarti Kesehatan mental sangatlah penting dan harus di jaga. Tetapi berdasarkan data Riskesdas tahun 2007, diketahui bahwa gangguan mental seperti gangguan kecemasan dan juga depresi sebesar 11,6% dari populasi orang dewasa. Hal ini menyebutkan bahwa di Indonesia sendiri penderita gangguan Kesehatan mental tidaklah sedikit, saya mecari tahu apa ya penyebab dari hal tersebut. Ternyata salah satunya adalah banyak dari masyarakat tidak memperdulikan Kesehatan mentalnya, menganggap remeh Kesehatan mental, dan tidak jarang masyarakat masih tabu akan hal-hal berbau Kesehatan mental dan konsultasi ke psikolog. Saya ingin berkontribusi untuk mengedukasi masyarakat yang masih memiliki pemikiran bahwa Kesehatan mental itu tidak penting, orang dengan gangguan pada mental adalah orang yang berbahaya, dan masih banyak stigma buruk lainya.

Kebetulan sekali saya mendapatkan info dari dosen pengampu mata kuliah  Kesehatan mental saya bahwa ada lomba reels Instagram tentang Kesehatan mental di psikologi UGM. Awalnya saya tertarik karena embel-embel akan mendapatkan nilai B apabila mengikuti lomba tersebut, dan apabila menang akan mendapatkan nilai A. tetapi setelah saya kaitkan dengan keinginan saya untuk berkontribusi dalam edukasi masyarakat mengenai pentingnya Kesehatan mental, tentu saja saya tertarik untuk mengikutilomba tersebut. saya berharap mungkin dari apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk followers Instagram saya, tapi karena saya tidak ingin di bilang sok pintar, atau sok tahu. Akhirnya saya kemas dengan cara saya mengikuti lomba ini. Saya mulai mencari jurnal jurnal yang membahas Kesehatan mental. Dan akhirnya saya benar-benar mengikuti lomba tersebut. Saingannya luamayan sulit, dan lumayan banyak. Tapi saya tidak perduli, saya tidak berharap untuk menang juga. Namun ternyata saat pengumuman lomba, Instagram saya di mention oleh UGM, Ternyata video saya masuk ke pemenang lomba, saya mendapatkan juara favorit di lomba ini. Hal ini membuat saya semakin yakin bahwa saya bisa untuk berkontribusi dalam edukasi masyarakat mengenai pentingnya Kesehatan mental bagi setiap individu.



 

 

Referensi

Putri, A. W., Wibhawa, B., & Gutama, A. S. (2015). Kesehatan mental masyarakat Indonesia (pengetahuan, dan keterbukaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat2(2).

0 komentar:

Posting Komentar