4.12.22

LAPORAN KULIAH LAPANGAN, KUNJUNGAN KE TPS 3R RANDU ALAS

 

LAPORAN KULIAH LAPANGAN,KUNJUNGAN KE TPS 3R RANDU ALAS

Essay Laporan Psikologi Lingkungan

                Nama    : Ramahwati

                NIM       : 21310410037

        Dosen pengampu Dr. Dra. Arundati Shinta

                FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


    Kuliah lapangan mata kuliah psikologi lingkungan diadakan dengan mengunjungi TPS 3R Randu Alas pada hari Senin, 28 November 2022. TPS 3R Randu Alas beralamat di  Candi Karang,Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan bangunan berada pada sebidang tanah yang disekitarnya terdapat tanah pemakaman. Kuliah lapangan diikuti oleh mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dari kelas reguler dan beberapa dari kelas karyawan didampingi dosen pengampu mata kuliah psikologi lingkungan serta menghadirkan beberapa pengurus dari TPS tersebut sebagai narasumbernya. Pemateri pertama disampaikan oleh Bapak Kujono sekaligus menjabat sebagai wakil dalam kepengurusan TPS 3R Randu Alas.

Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap sampah dan dibatasinya distibusi sampah ke TPS Piyungan  akibat demo yang dilakukan warga sekitar karena tumpukan sampah yang semakin menggunung,mendorong pemerintah untuk membentuk KSM (Kelompok Swadaya Mastarakat) yang terwujud dalam TPS. TPS 3R Randu Alas dulunya merupakan TPS liar karena banyak yang membuang sampah sembarangan ditempat itu,lalu ada upaya untuk mengajukan ke Dinas Lingkungan Hidup. Sehingga pada 2015 mendapat bantuan dan pada Februari 2016 merupakan peresmian TPS 3R Randu Alas, TPS tersebut mempunyai kapasitas 200 KK. Pada 2016 dilakukan edukasi kepada warga namun upaya tersebut tidak serta merta diterima baik oleh masyarakat sekitar. Bahkan dalam kurun dua tahun mengalami masa krisis akibat pelanggan yang masih sedikit. Pengolahan TPS ini dengan menawarkan kepada masyarakat  yang sampahnya ingin diolah maka akan ditampung. Dalam kesehariannya TPS tersebebut mengambil sampah pelanggan yang seminggu dilakukan dua kali antara hari Senin dan Kamis, Rabu dan Jumat, Selasa dan Sabtu. TPS ini  mengolah jenis sampah organik dan anorganik dengan menggunakan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle). 

    Pembuatan kompos dalam TPS 3R Randu Alas menggunakan teknik hindro, takakura, dan bata berongga. Pembuatan kompos memakan waktu 40 hari dengan bakteri (em4). TPS 3R Randu Alas memproduksi biokonversi berupa mol, ekoenzim,ekolindi,poc,molase. Dengan bahan pembuat mol berupa campuran ragi tempe,ragi tape,ragi,molase yang didiamkan selama 20 hari. Sedangkan ekoenzim digunakan sebagai pupuk disenfektan dengan bahan yang berasal dari buah dengan perbandingan 1:3:10. Selain itu ada juga budidaya maggot sebagai  pelet, bisa juga dikeringkan sebagai pakan unggas atau ikan serta dititipkan ke toko pakan. Jenis lalat dalam budidaya maggot yaitu Black Soldier Fly. Limbah anorganik B3 yang merupakan limbah dengan penanganan khusus seperti sisa lampu bohlam, dikumpulkan dalam satu tong tetapi belum ada penanganan khusus. Limbah buah sendiri sudah memiliki pelanggan dari toko buah, yang akan diambil menggunakan bus beton dan airnya digunakan dalam pembuatan POC. Ampas dari buah-buahan tersebut digunakan untuk pupuk padat yang banyak mengandung unsur dan bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Semua sampah yang ditampung dalam TPS 3R Randu Alas dimanfaatkan dan untuk plastik sendiri baru dapat terurai sekitar 30 tahun. Jumlah SDM dalam TPS ini sebanyak 6 orang dan merekrutnya sangat susah karena resiko kerja yang ditimbulkan juga tinggi. Fasilitas pekerja di TPS ini berupa gaji pokok sebesar Rp 1.500.000 per bulan serta BPJS yang diampu oleh Dinas Lingkungan Hidup.Pelanggan kompos terdiri dari warga yang ingin memanfaatkan atau disetor ke dinas LH sebagai pupuk taman kota, juga bagi kelompok masyarakat yang mengajukan bantuan ke dinas LH.





 

 



 


 


0 komentar:

Posting Komentar