4.12.22

Kuliah Lapangan Mahasiswa Psikologi Di TPS 3R Randu Alas

 PSIKOLOGI LINGKUNGAN
Dosen Pengampu : Dr. Arunati Shinta, MA
Disusun Oleh : Ahmad Helmy Fauzan
NIM : 21310410091
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 



Kuliah Lapangan Psikologi Lingkungan di TPS 3R Randu Alas JL. Kaliurang Yogyakarta. 


TPS 3R Randu Alas merupakan tempat pengolahan sampah yang nantinya sampah tersebut dikelola lagi menjadi berbagai macam pengolahan sampah secara baik dan bermanfaat. 


Terbukti bahwa TPS 3R Randu Alas mengelola sampah dari 400 kepala rumah tangga atau investor di lingkungan TPS. TPS 3R ini selain mengelola sampah anorganik juga mengelola sampah organik menjadi pupuk, bioaktivator, dan pakan maggot.

Budidaya maggot di TPS 3R ini juga menjadi produk unggulan dengan pengelolaan sampah organik yang efesien.


Berdasarkan data TPS 3R Randu Alas per Agustus 2019, warga menghasilkan 16,37 ton dengan sampah organik sejumlah 2,17 ton per bulan. Namun warga Dusun Candi Karang kurang memiliki pengetahuan mengenai pemanfaatan sampah.Warga terbiasa mengumpulkan sampah tanpa membedakan jenis sampah, membuatnya tercampur tanpa pengolahan lebih lanjut dan hanya berakhir di TPS 3R Randu Alas. TPS seluas 400 meter persegi ini mampu menampung sekitar 16,37 ton per bulan jumlah.


Sampah yang ditampung beragam mulai sampah organik, anorganik, dan B3. Sampah organik diolah memakai larva Black Soldier Fly (BSF) agar cepat terurai petugas TPS. Namun, pemanfaatan dan fasilitas di TPS 3R Randu Alas belum mendukung. 


Di TPS 3R Randu Alas terdapat program pemberdayaan dalam pengolahan sampah seperti Pengeringan Maggot, Budidaya Lele, pembuatan pupuk cair dan kompos. 


Untuk para pekerja di TPS 3R Randu Alas digaji berbeda-beda sesuai dengan jam terbang dan tanggung jawabnya. Para pekerja juga sudah diberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan. 


Mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Prodi Psikologi dalam rangka mengikuti kuliah lapangan mata kuliah Psikologi Lingkungan pada Hari Senin tanggal 28 November 2022 pukul 10.30 WIB mengunjungi TPS 3R Randu Alas. Mahasiswa dan Dosen diterima baik oleh pengelola TPS 3R Randu Alas. Pertama kami memberikan pengenalan mengenai TPS 3R Randu Alas dan hal apalagi yang dilakukan di dalamnya. Semua mahasiswa tertarik dan beberapa Mahasiswa terlihat aktif bertanya dalam bertanya untuk memperoleh informasi lebih dalam TPS 3R Randu Alas. Dosen pun ikut menanyakan mengenai TPS 3R Randu Alas kepada pengelola secara langsung. 


Setelah dibekali berbagai informasi tentang TPS 3R Randu Alas oleh pengelola, Mahasiswa dan Dosen diajak keliling untuk melihat secara langsung pengolahan sampah, pemilahan, budidaya maggot, dan mahasiswa dapat bertanya secara langsung dan berbaur dalam proses pengolahan sampah. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dengan pengelola TPS 3R Randu Alas. 


















Referensi: 


Administrator. (2021). Mahasiswa UGM berdayakan warga mengelola sampah organik. Dalam https://sipari.jogjaprov.go.id/berita/detail/14. Diakses pada 4 Desember 2022.


Dewan Saka Kalpataru. (2022). Pelajari Aktivitas Pengelolaan Sampah secara Langsung, Saka Kalpataru Sleman Kunjungi TPS 3R Randu Alas. Dalam https://pramukadiy.or.id/pelajari-aktivitas-pengelolaan-sampah-secara-langsung-saka-kalpataru-sleman-kunjungi-tps-3r-randu-alas/. Diakses pada 4 Desember 2022.



0 komentar:

Posting Komentar