28.12.22

KULIAH LAPANGAN KE-2 KUNJUNGAN DI TPS RANDU ALAS

 

KULIAH LAPANGAN KE-2 KUNJUNGAN DI TPS RANDU ALAS

PSIKOLOGI LINGKUNGAN 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M,A. 

Di Susun Oleh : Muhammad Rezaldhi (21310410030)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Kuliah lapangan psikologi lingkungan kali ini di adakan di TPS Randu Alas Jl. Kaliurang Desa Sardinoharjo, Ngaglik,Sleman,Yogyakarta pada hari senin 28 November 2022 dan di damping oleh Dra. Arundhati Sinta,.MA. selaku Dosen Psikologi Lingkungan  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.
Serta di TPS RANDU ALAS juga di dampingi oleh wakil ketua dari organisasi yang ada yaitu bapak Mujono .TPS RANDU ALAS 3R yaitu TPS yang berkonsep (Reduce, Reuse, Recycle) di mana konsep tersebut sudah di buat sejak 7 tahun terakhir. TPS RANDU ALAS awalnya tempat pembuangan sampah liar dari berbagai tetangga desa membuangn sampah di TPS RANDU ALAS tersebut, lalu warga sekitar sadar dan merasa prihatin terhadap lingkungan maka pengurus desa mengajukan ke dinas lingkungan hidup untuk di buatkan pengolahan sampah dan dapatkan bantuan di tahun 2015 lalu louncing pada tahun 2016. Di TPS ini ada kapasitas 350kk dan di TPS ini juga ada magot dan pengolaham eco enzyme.

Di Indonesia ini sudah mejadi masalah yang besar terutama di daerah jogja dalam hal problematika sampah, di samping itu warga juga kurang atas kesadaranya terhadap keperdulian sampah yang ada. Hal tersebut juga di sampaikan oleh bapak mujono selaku wakil ketua TPS. PR besar bagi kami pengurus TPS randu alas untuk mengedukasi kepada masyarakat. Dan di sampaikan juga bahwa jogja ini untuk TPA nya sudah overload dalam penampungan sambah dari berbagai penjuru masyarakat Jogjakarta karena TPA SLEMAN, TPA BANTUL, dan TPA KODYA di jadikan satu di TPA piyungan.

Dari pemerintah membuat KSM (kelompok swadaya masyarakat) untuk membantu mengurangi sampah yang ada pada lingkungan tempat tinggal mereka, dan pemerintah juga membayar untuk kelompok swadaya masyarakat yang perduli terhadap lingkungannya sendiri.
kebetulan di kelurahan ini ada 2 tps yaitu TPS di sarjono Harjo selatan dan di sarjonoharjo utara.
pak joko dan teman teman nya sangat sadar dan aktif pada pengolahan sampah yanga ada dan meraka lah yang dapat kita perjuangan untuk Indonesia karena tanpa pak joko dan teman teman TPS RANDU ALAS maka seleman dan sekitarnya akan mendapatkan efek dari sampah itu sendiri

Atas kegigihan tim dari TPS RANDU ALAS ini maka sampah yang mera kumpulkan dan meraka pilah dapat menghasilkan pundi pundi rejeki yang sangat berarti bagi mereka. Namun makin kesini teman teman pak joko mulai meninggalkan TPS RANDU ALAS karena profesi dan gaji tidak sebanyak dan sebagus profesi yang lain, tutur dari pak joko selaku wakil ketua TPS RANDU ALAS.


catatan untuk kita semua masyarakat Indonesia bahwa kesadaran terhadap sampah harus kita tingkatkan karena jika tidak dari kita sendiri maka Indonesia akan menjadi negara terkotor karena sampah kita tida kita pilah dan olah sendiri. Mari kita sama sama untuk menjaga lingkungan dan sampah kita dengan cara memilah sampah organic dan non organic.





0 komentar:

Posting Komentar