28.12.22

ESSAY PRESTASI oleh: Dian Fadjarini



 

“LOMBA REELS KESEHATAN MENTAL”

ESSAY PRESTASI

Mata Kuliah: Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

 



 

 

Disusun oleh: Dian Fadjarini

NIM: 21310410011

Kelas: PSI SJ

 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

 

 

Pada tanggal 10 Oktober 2022, Saya mengikuti lomba  reels competition yang diadakan oleh Instagram @CPMHUGM. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Bertajuk “KESEHATAN MENTAL: PRIORITAS BAGI SEMUA”. Pendaftaran lomba tersebut dimulai dari 28 September-10 Oktober 2022 tanpa dipungut biaya. Sedangkan waktu penjurian adalah dari tanggal 11 Oktober-20 Oktober 2022. Para peserta diwajibkan mengupload reels dengan tema Kesehatan mental berdurasi maksimal 59 detik, serta mencantumkan hastag cpmh ugm. Reels tersebut harus merupakan ide sendiri bukan plagiarisme. Peserta juga diharuskan tag 3 orang teman dalam postingan tersebut dengan format video bebas (drama, infografis, talkshow, dll). Pemenang lomba tersebut diambil dari juara 1 hingga juara harapan 3, serta ada juara favorit bagi peserta yang memiliki like terbanyak. 

 

Saya tertarik untuk mengikuti lomba reels ini karena ingin berpartisipasi dalam perayaan tersebut. Menurut saya, Kesehatan mental adalah hal yang penting dan harus dijaga oleh setiap Individu. Sebagaimana yang diungkapkan oleh dr Brock Chisholm bahwa “tanpa Kesehatan mental yang sempurna, kita tidak akan mendapatkan Kesehatan fisik yang sesungguhnya”.  Kesehatan mental dan Kesehatan fisik adalah dua hal yang saling mempengaruhi. Orang yang fisiknya sehatpun, tidak akan bisa menikmati kebahagian secara penuh apabila mentalnya tidak dalam kondisi sehat. Mental individu dapat terganggu oleh berbagai hal, dan kita harus benar-benar tau bagaimana mengatasi stress dengan baik supaya mental kita tetap sehat. 

 

Salah satu indikasi sehat mental juga adalah tentang penerimaan diri. Hal tersebut penting untuk mengawali terciptanya Kesehatan mental. Bagamana mental individu bisa dikatakan sehat apabila tidak mau menerima dirinya secara utuh dan sadar. Orang yang sehat secara mental juga dapat bersosialisasi dengan baik kepada lingkungannya. 

 

Meskipun saya tidak menang dalam lomba ini, namun saya senang dapat ikut berpartisipasi. Bagi saya, menang bukanlah hal yang utama, tapi bagaimana saya bertumbuh dalam kepedulian. 


Link bukti lomba:

https://instagram.com/p/Cje2QAuDOxoGP3V4NEv6MbVUNe_O8DHmzFVkR40/

https://instagram.com/p/CjSSxBRrjCi/

0 komentar:

Posting Komentar