11.12.22

Keperdulian Sampah Akan Kebersihan Lingkungan Masyarakat Sekitar

 

ESSAY 3 PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta M.A.

Disusun Oleh :

Ahmat Ramadanil (21310410077)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Pengelolaan sampah adalah salah satu bentuk upaya pengelolaan lingkungan karena terdapat hubungan yang begitu erat antara masyarakat sekitar terhadap ruang sebagai wadah kegiatan. Kualitas lingkungannya menjadi indikator dinamika serta menjadi kondisi pembangunan masyarakat disana. Oleh sebab itu permasalahan tentang pengelolaan sampah adalah hal yang sangat penting untuk kita, karena terkait dengan keberlangsungan kehidupan suatu kota serta sangat penting untuk melihat bagaimana permukimannya.

Pengelolaan sampah adalah perlakuan terhadap sampah yang bertujuan memperkecil atau juga menghilangkan masalah-masalah yang berkaitan dengan masalah lingkungan. Adapun beberapa jenis tentang alternatif teknologi dalam pengelolaan sampah, misalnya saja seperti Pengomposan, Pembakaran Sampah (Incenerator), dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Pengelolaan sampah adalah proses yang ingin diperlukan dengan tujuan mengubah berbagai sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis atau mengolah sampah agar menjadi material yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup. Tahap-tahap yang perlu dilakukan dalam pengelolaan sampah antara lain misalnya seperti daur ulang dan juga pengomposan.

Keperdulian masyarakat terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya terutama tentang permasalahan persampahan yang dapat dilihat dari sikap dan prilaku masyarakat dalam menyikapi persoalan-persoalan sampah. Pada saat ini peranan masyarakat terhadap lingkungan sampah lebih sebagai penerima keputusan dan bahkan bukan sebagai pemberi informasi terhadap kebutuhan dan pengharapan yang mereka harapkan. Hal seperti ini akan menghilangkan fungsi peranan masyarakat dalam memelihara lingkungan mereka sendiri. Karena pada dasarnya pandangan dan reaksi masyarakat akan mempermudah untuk pengambilan keputusan prioritas utama dan mengarahkan ke dalam hal yang positif dari berbagai macam faktor.

Kita sebagai anak bangsa yang perduli akan kebersihan lingkungan sekitar tentu saja takkan akan pernah acuh terhadap sesuatu yang berkaitan dengan sampah. Sebagai salah satu bentuk dan upaya yang kita lakukan dalam menghadapi lingkungan yang kurang bersih dan rapi adalah misalnya seperti melakukan pengambilan sampah yang berserakan, menyapu daun-daun kering, dan membersihkan sampah plastik di sekitaran tumpukan yang kotor. Adapun beberapa tempat yang pernah saya kunjungi dalam melaksanakan tugas “Before-After” mata kuliah Psikologi Lingkungan.

 


Ø  Lokasi yang pertama pada tanggal 03 Oktober 2022 pukul 08.51 WIB. terletak didepan Stadion Maguwoharjo saat Saya berkeliling di Sepinggiran lapangannya. Saya pun turut sukarelawan membersihkan sampah-sampah yang berhamburan di rumput yang hijau itu. Begitu banyak jenis sampah yang Saya dapatkan, misalkan seperti botol minum, bekas jajanan plastik, dan jenis makanan lainnya.

 


Ø  Lokasi yang kedua pada tanggal 09 Oktober 2022 pukul 10.18 WIB. terletak didepan Laboratorium BPTP Yogyakarta yang saat itu keadaan didepan kantornya sangatlah kotor akan tumpukan sampah. Saya pun turut membersihkan disekitaran kantor itu, begitu banyak jenis sampah yang saya dapatkan, misalnya seperti bungkusan minuman, botol plastik, dan lain-lain.

 


Ø  Lokasi yang ketiga terletak di salah satu perumahan dekat kampus Saya berkuliah pada tanggal 18 Oktober 2022 pukul 13.26 WIB. Pada waktu itu saya sangat prihatin akan banyaknya tumpukan sampah yang bertebaran, dari jenis sampah anorganik maupun sampah organik. Saya pun langsung turun tangan untuk membersihkan sampah itu.

 


Ø  Lokasi yang keempat terletak dibagian suatu komplek warga di daerah Yogyakarta pada tanggal 23 Oktober 2022 pukul 12.41 WIB. Saya turut sukarelawan untuk membersihkan sampah disekitar komplek itu, adapun jenis sampah yang Saya temui, misalnya seperti sampah daun kering.

Daftar Pustaka

Sasanto, R., & Purwanti, R. (2011). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Perumahan Studi Kasus: Kampung Banjar Sari Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Planesa, 2(1), 212856.

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar