3.12.22

KEGIATAN BEFORE AFTER SEBAGAI BENTUK KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN

 

 

Akhadi (2014: 17) berpendapat bahwa Manusia dalam menjalan kehidupan tidak pernah lepas dari ancaman yang datang dari lingkungan sekitarnya. Sebagaimana pemaparan Kebersihan lingkungan seharusnya menjadi tanggung jawab setiap masyarakat yang tinggal didalamnya, karena lingkungan yang bersih akan membawa dampak yang baik pula bagi masyarakat, seperti meningkatnya kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Sayangnya tidak semua anggota masyarakat menyadari dan peduli akan hal itu, dilingkungan sekitar, masih sering ditemukan sampah yang dibuang sembarangan, seperti sampah yang dibuang di pinggir jalan, bahkan ada sampah yang dibuang didalam selokan. Itu semua terjadi karena kurangnya kepedulian masyarakat dilingkungan tersebut, yang juga akan berdampak pada kurang terjaganya kebersihan difasilitas umum.

Kurangnya kebersihan fasilitas umum diakibatkan banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas tersebut tetapi tidak bertanggung jawab dengan sampah yang mereka bawa, sehingga dibuang sembarangan. Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan kebersihan fasilitas umum harus ditingkatkan karena merupakan tanggung jawab bersama, mengingat fasilitas umum digunakan sehari-hari oleh masyarakat, maka dari itu, kebersihannya harus dijaga, karena fasilitas umum yang bersih akan menambah keindahan dan kenyamanan saaat menggunakannya.

Untuk membangun kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan fasilitas umum harus dimulai dari diri sendiri, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan fasilitas umum, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membawa kantong belanja untuk mengurangi sampah plastik, dan melakukan kegiatan membersihkan lingkungan. Dengan memberikan contoh dan memberikan pengarahan kepada masyarakat, maka akan membangun kesadaran dan meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan fasilitas umum,

Salah satu kegiatan membersihkan lingkungan  dan fasilitas umum yang saya lakukan adalah melakukan kegiatan before-after, kegiatan before-after merupakan kegiatan  membersihkan suatu tempat yang kotor hingga menjadi bersih, saya melakukan kegiatan before after pada hari Minggu, 27 November 2022. Dimulai dari pukul 13.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Fasilitas umum yang saya bersihkan mulai dari waduk, stadion, hingga tempat wisata.

Before after yang pertama saya lakukan adalah membersihkan Embung Tambakboyo, Embung Tambakboyo sendiri merupakan salah satu waduk yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dengan membendung air Sungai Tambakboyo, embung seluas 7,8 hektar ini mampu menampung sekitar 400.000 m3 air. Karena sering digunakan masyarakat untuk memancing, olahraga, dan tempat rekreasi, membuat banyak ditemukannya sampah daun dan sampah plastik sisa kemasan makanan dan minuman di embung tambakboyo.

Dokumentasi kegiatan:

Before dibersihkan

Proses pembersihan

After dibersihkan







 

Tempat kedua saya melakukan before after adalah di Stadion Maguwoharjo. Stadion Maguwoharjo adalah stadion sepak bola di Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang juga merupakan markas klub sepak bola PSS Sleman dan memiliki tribun berdiri dengan kapasitas hingga 32.000 penonton. Di stadion Maguwoharjo didominasi oleh sampah plastik, karena selain untuk menonton bola, stadion ini biasa digunakan untuk event-event olahraga, maupun yang lainnya.

Dokumentasi kegiatan:

Before dibersihkan

Proses pembersihan

After dibersihkan







 

Selanjutnya, tempat ketiga yang saya bersihkan adalah area tempat wisata Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Yang merupakan  salah satu taman wisata air atau waterpark terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Jl. Utara, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten SlemanYogyakarta. Taman wisata air ini dibuka secara resmi pada 20 Desember 2015. Sampah yang ada di area Jogja Bay adalah sampah plastik yang dibuang sembarangan oleh para pengunjung.

Dokumentasi kegiatan:

Before dibersihkan

Proses pembersihan

After dibersihkan







 

Tempat keempat atau tempat terakhir saya melakukan before after adalah di Candi Gebang. Candi Gebang merupakan tempat wisata sejarah yang terletak di Dusun Gebang, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini ditemukan oleh penduduk lokal pada bulan November 1936. Di Candi Gebang sampah hanya ada sampah daun yang berguguran dari pohon yang berada di setitaran area candi.

Dokumetasi Kegiatan:

Before dibersihkan

Proses pembersihan

After dibersihkan







 

Untuk melakukan kegiatan before after di 4 tempat tersebut, saya membutuhkan waktu selama 5 jam, dimulai dari jam 13.00 WIB dan selesai pukul 18.00 WIB, Saya melakukan before after selama 1 jam disetiap tempat, dan istirahat serta perjalanan dari satu tempat ketempat lainnya sampai 4 tempat hanya memerlukan 1 jam saja, karena jarak tempat yang tidak terlalu jauh.

 

  

Daftar Pustaka:

Ahmadi, R., Surbakti, A., & Jalmo, T. (2018). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap peduli lingkungan hidup. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah6(2).


0 komentar:

Posting Komentar