3.12.22

IKUT BERPERAN DALAM KEBERSIHAN LINGKUNGAN DENGAN MELAKUKAN BEFORE-AFTER

 Oleh:

Destiana Dini Safitri (21310410090)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M. A

Essay Ke-3 Psikologi Lingkungan

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

        Saat ini persoalan sampah menjadi masalah yang cukup serius. Banyak orang yang tidak peduli pada lingkungannya, padahal kebersihan lingkungan sangatlah penting karena kebersihan lingkungan akan sangat berpengaruh pada kesehatan juga. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarang di tempat umum seperti di taman, di pinggir jalan, apalagi tempat-tempat yang ramai penjual makanan. Kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan menjadi faktor yang paling dominan, di samping itu kepekaan masyarakat terhadap lingkungan harus dipertanyakan. Untuk itu, saya berusaha untuk ikut berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan before-after. Kegiatan before-after ialah kegiatan membersihkan lingkungan yang tadinya kotor menjadi bersih, kegiatan ini saya lakukan sebanyak empat kali dengan durasi selama satu jam.

        Kegiatan before-after pertama saya lakukan di Taman Binangun, Kulon Progo. Kegiatan tersebut saya lakukan pada tangggal 22 Oktober 2022, selama satu jam terhitung dari pukul 08.00 – 09.00 WIB. Melihat banyaknya sampah yang dibuang sembarangan di taman tersebut membuat saya memilih tempat tersebut. Banyak sampah di taman tersebut seperti daun kering, sampah makanan, sampah plastik, dan sampah kertas seperti koran.

        Kegiatan before-after yang kedua saya lakukan di Taman Wana Winulang. Kegiatan tersebut saya lakukan dari pukul 13.00-14.00 WIB, pada tanggal 29 Oktober 2022. Banyak sekali sampah yang ada di taman tersebut karena memang jarang dibersihkan oleh tukang bersih-bersih, sedangkan banyak pengunjung yang tidak memperhatikan sampahnya ketika berkungjung ke taman tersebut. Banyak sampah bekas makanan dan minuman yang tidak dibuang di tempat sampah, padahal sudah tersedia tempat sampah disana.

        Kemudian kegiatan before-after yang ketiga saya lakukan di Taman Bupati, Kulon Progo. Kegiatan tersebut saya lakukan pada tanggal 6 November 2022 dengan durasi satu jam terhitung dari pukul 13.30-14.30 WIB. Karena kegiatan tersebut saya lakukan di siang hari, banyak sampah makanan, minuman, kertas, dan juga tisu di area-area yang teduh seperti pendopo. Banyak orang yang membeli makanan dan minuman di alun-alun yang berada di seberang taman tersebut kemudian membawanya ke taman untuk menikmati makanan dan minumannya disana. Padahal sudah tersedia tempat sampah dengan pembagian jenis sampah, namun masih banyak orang yang memilih meninggalkan sampahnya disekitar pendopo dengan anggapan nanti akan ada tukang bersih-bersih taman yang akan membuang sampahnya setiap pagi.

      Kemudian kegiatan before-after keempat saya lakukan di Taman Bupati lagi namun dihari dan waktu yang berbeda. Kegiatan tersebut saya lakukan pada tanggal 26 November 2022 pada pukul 08.00-09.00 WIB. Saat itu, banyak sampah bekas makanan dan minuman karena beberapa orang beristirahat di sana sehabis jogging, tak lupa dengan membawa makanan dan minuman. Mereka meninggalkan sampahnya disana padahal sudah disediakan tempat sampah.

        Kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan memang masih kurang. Banyak sekali orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungannya. Mereka masih membuang sampah ataupun meninggalkan sampahnya sembarangan padahal sudah tersedia tempat sampah. Edukasi tentang dampak sampah yang tidak dikelola dengan baik memang sangat dibutuhkan.

 

 

Daftar Pustaka

 Yuniarti, T., Nurhayati, I., Putri, A. P., & Fadhilah, N. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kesehatan Lingkungan Terhadap Pembuangan Sampah Sembarangan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 78-82.





0 komentar:

Posting Komentar