13.12.22

ESSAY PRESTASI TERHADAP LINGKUNGAN

 

ESSAY PRESTASI TERHADAP LINGKUNGAN

 Dosen pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Nama : Leonardo Teniwut

Nim : 21310420046

Kelas : A1




Sampah merupakan suatu benda yang tidak ternilai atau tidak berharga yang ada di sekitar lingkungan masyarakat. Di Indonesia kita dapat melihat sampah di mana-mana khususnya di daerah perkotaan dan sekarang menjadi masalh besar lingkungan Indonesia.

Sampah di Indonesia merupakan masalah yang sangat serius dan juga menjadi masalah social, ekonomi dan budaya. Dan hampir di semua kota di Indonesia mengalami kendala dalam mengolah sampah.

Hal ini terjadi karena pengolahan TPA (tempat pembuangan akhir) di sebuah kota lahannya masih kurang sehingga masyarakat banyak membuang sampah di sungai.

Bukan saja di sungai akibat kurangnya TPA mengakibatkat masyarakat sampah ke selokan, kali, dan di lautan. Sehingga kebersihan dan ekosistem laut akan rusak, misalnya seperti ikan dan terumbu karang akibat sampah plastik yang di buang oleh warga yang tinggal di sekitar pantai.

Indonesia termasuk ke dalam 10 besar Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Hal ini tidak menutup kemungkinan menimbulkan sejumlah persoalan lanjutan, diantaranya adalah produksi sampah dan pembuangannya.

Problem dalam pengolahan sampah yang mengalami tingkat kesulitan tinggi adalah pengolahan jenis sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang paling  berbahaya bagi lingkungan. Normalnya plastik membutuhkan waktu hingga 1000 tahun untuk didekomposisi.

Sampah plastik yang tidak diolah dan dibiarkan begitu saja berdampak negatif terhadap lingkungan sekitarnya, seperti pencemaran lingkungan, bau yang kurang sedap, dan jika tidak sengaja dikonsumsi hewan, maka sangat berbahaya.

Banyaknya kawasan industri saat ini juga berdampak pada bertambahnya volume dan juga jenis sampah di Indonesia, tak hanya plastik bahkan saat ini sampah sisa produksi industri juga semakin bertambah seperti limbah. Baik limbah cair maupun padat keduanya memiliki dampak yang negatif bagi lingkungan, salah satunya adalah limbah besi.

Saat ini dibutuhkan ide pengelolaan sampah yang inovatif dan kreatif agar pelaksanaanya tepat serta memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia kedepanya. Peraturan perundang-undangan yang sudah ada sesungguhnya sudah baik dan tepat tetapi dalam hal pelaksanaan masih kurang intensif dalam menjalankanya. Program pengolahan sampah berbasis masyarakat membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat yang akan ikut andil dalam pengelolaan sampah.

Dari beberapa permasalahan pengolahan sampah dari jenis sampah yang berdeda, maka cara pengolahannya pun juga berbeda. Misalnya pengolahan sampah plastic dapat menggunakan mesin pencacah plastik. Produk cacahan plastik dapat menjadi bahan daur ulang plastik pula. Demikian pula sampah organik yang berupa daun atau sejenisnya. Mesin pencacah daun sangat membantu memudahkan daun untuk dijadikan bahan kompos. Secara tidak langsung pengolahan sampah dapat dipermudah. Bukan hanya pengolahan sampahnya, tetapi mesin pencacah yang perlu kita perhatikan. Yakni ketika mesin –mesin pengolah sampah itu dibuat oleh mereka yang berada di sekoah-sekolah menengah kejuruan sangatlah memiliki nilai plus.

Dengan kegiatan membersihkan sampah makan lingkungan kita akan menjadi sehat dan kita juga telah menjaga lingkungan yang baik bersih dan sehat jadi karna itu perlunya kesadaran untuk membersihkan sampah-sampah yang ada dan juga membuang sampah pada tempatnya.

Saya membersihkan tempat sampah pada lingkungan tempat saya tinggal yang untuk membeuat lingkungan tempat saya baik, bersih dan sehat juga menbuat lingkunya saya menjadi nyaman serta terhidar dari penyakit seperti DBD dan lain-lain.

Jadi perlunya kesadaran untuk kebersihan lingkungan kita agar lingkungan kita menjadi lebih baik dan bebas dari penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar