13.12.22

ESSAY 3 PSIKOLOGI INOVASI

ESSAY 3 PSIKOLOGI INOVASI

 

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu      : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Nama                          : Leonardo Teniwut

Nim                             : 21310420046

Kelas                           : A1

 



 

Topik

Memotivasi Diri untuk Malampaui batas yang bisa saya capai

Sumber

Diri saya Sendiri Dalam Jadwal Olaraga Voli

Ringkasan

Psikologi Olahraga adalah Ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam aktivitas olahraga, dalam olahraga terdapat banyak gejala-gejala yang timbul pada kejiwaan atlet tersebut, gejala ini banyak timbul karena dalam olahraga prestasi terdapat kompetisi yang membuat semua atlit bersaing ketat untuk mendapatkan juara. Pentingnya pemanfaatan ilmu psikologi dalam olahraga didasari fakta bahwa ada 3 unsur yang menentukan keberhasilan seorang atlet atau sebuah tim dalam sebuah pertandingan, yaitu; fisik, teknik dan mental. Faktor fisik dan mental adalah dua faktor dalam tubuh manusia yang selalu akan saling mempengaruhi. Orang yang sakit secara fisik akan mempengaruhi kondisi mental, begitu juga sebaliknya. Ada banyak unsur dalam mental seorang atlet yang menentukan keberhasilan sebuah pertandingan, diantaranya adalah motivasi, kepercayaan diri, kecemasan, leadership dan sebagainya.

Motivasi dapat dilihat sebagai suatu proses dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu sebagai usaha dalam mencapai tujuan tertentu. Motivasi yang kuat menunjukkan bahwa dalam diri orang tersebut tertanam dorongan kuat untuk dapat melakukan sesuatu. Ditinjau dari fungsi diri seseorang, motivasi dapat dibedakan antara motivasi yang berasal dan luar (ekstrinsik) dan motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri (intrinsik). Dengan pendekatan psikologis diharapkan atlet dalam setiap penampilannya dapat memperlihatkan motivasi yang kuat untuk bermain sebaik-baiknya, sehingga dapat memenangkan pertandingan.

Dalam melakukan suatu aktivitas atau kegiatan banyak faktor yang terlibat di dalamnya. Salah satu faktor yang berperan dalam pencapaian hasil yang optimal dalam melakukan suatu aktivitas yaitu motivasi. Motivasi merupakan suatu dorongan atau dukungan yang dapat membuat seseorang menjadi semangat dalam melakukan suatu aktivitas atau kegiatan. Biasanya motivasi yang diberikan orang lain dapat menyebabkan seseorang menjadi sangat bersemangat dan antusias dalam mewujudkan apa yang menjadi keinginan orang tersebut. Hal tersebut terjadi karena ketika ada orang yang memberikan motivasi kepada orang lain maka orang yang diberikan motivasi merasa ada yang mendukung dan mendorong untuk melakukan hal yang menjadi keinginan orang itu.

Berbagai permasalahan di dalam pembinaan olahraga merupakan tantangan besar yang dihadapi oleh para pembinaan olahraga di Indonesia. Sentral permasalahan pembinaan olahraganya sendiri di Indonesia menjadi hancur. Sebagai orang berpendapat bahwa atlet kurang dimotivasi untuk berprestasi. Berbagai upaya diharapkan dapat meningkatkan motivasi atlet termasuk di dalam pemberdayaan motivator dengan harapan agar atlet termotivasi untuk berprestasi.

Begitupun dengan saya yang seorang atlet voli yang mana selalu malakukan pemanasan sebelum bermain dalam pertandingan, yang dimana pemanasan itu berupa service, passing, tosser dan smash biasa saya melakukannya sebanyak 10 sampai 20 kali tapi saya selalu menbah pemanasan saya tersebut sebanyak 5 kali dalam setiap sesi pemanasan agar saya bisa malampaui batas saya sendiri dan saya bisa mengembangan diri saya juga menambah skill dan stamina saya.

Minggu ke- & tanggal

Waktu (jam & menit)

Jenis Kegiatan

Penambahan

02/11/2022

 

 

 

Rabu

16.00-17.30

Voli

Service, passing, Tosser dan smash 20x

15/11/2022

 

 

 

Selasa

17.00-18.30

Voli

Service, passing, Tosser dan smash 25x

30/11/2022            

 

 

 

Rabu

19.30-

Voli

Service, passing, Tosser dan smash 30x

 

 

 

 

Permasalahan

Bagaimana cara meningkatkan motivasi diri dalam berolaraga dan meningkatkan intesitas latihan dari pada biasanya

Opini Saya

-          Sebaiknya selalu memacu diri untuk lebih meningkatkan diri kita dalam sesuatu yang kita lakukan seperti saya berolaraga terus menerus dan meingkatkab latihan saya untuk bisa memenangkan perlobaan yang saya ikuti.

 

0 komentar:

Posting Komentar