14.12.22

ESSAY PRESTASI DALAM KEJUARAAN FUTSAL

                                                Essay Prestasi Psikologi Lingkungan 

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A. 

Di Susun Oleh :

Dhika Putra Utama (22310420043) 

Reguler (A)

T.A Ganjil 2022

    Futsal ialah sebuah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing timnya memiliki jumlah anggota yakni lima orang. Tujuan dari permainan adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak, dengan memanipulasi bola dengan kaki.

    Dalam permainannya, futsal menggunakan media bola sebagai alat permainannya. Adapun pertandingan futsal bisa dilakukan di di luar ruangan (outdoor) ataupun di dalam ruangan (indoor). Selain lima pemain utama, tiap-tiap regu juga diizinkan untuk mempunyai beberapa pemain cadangan. Tak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi dengan menggunakan garis, bukan dengan menggunakan papat maupun net.

    Permainan futsal juga turut dikenal dengan berbagai istilah lain. Istilah “futsal” ialah merupakan istilah internasional yang berasal dari kata Spanyol atau Portugis yakni futbol yang berarti sepak bola dan sala yang artinya yakni dalam ruangan.

    Futsal merupakann olahraga yang saya senangi, awalnya saya bermain sepak bola sejak masa kecil. Kemudian setelah menginjak masa SMA saya mengikuti turnamen sepak bola seperti Liga Pelajar Indonesia, kemudain pada jenjang SMA juga saya mulai mengenal futsal. Pelatih SMA saya juga mulai membentuk tim futsal untuk mengikuti beberapa turnamen baik antar sekolah, umum, maupun kabupaten.

    Saat itu saya mulai sering berlatih dan menjadi hobi baru saya selain sepak bola, dekatnya lapangan futsal di rumah menjadikan saya sering berlatih dan rutin bermain seminggu sekali bersama teman-teman baik dirumah maupun teman sekolah. Ada juga beberapa turnamen yang diikuti oleh tim saya baik di dalam kota maupun luar kota, dan terakhir saya mengikuti turnamen yang diadakan di kota Purwokerto tepatnya di lapangan Orion Futsal pada bulan Agustus dalam rangka turnamen umum.

    Meskipun tim saya tidak menang tetapi mendapat pengalaman yang berharga pada turnamen tersebut. Seringnya mengikuti turnamen memberikan efek pantang menyerah meskipun belum membuahkan hasil yang dibanggakan, tetapi setidaknya masih mencoba untuk memberikan hasil maksimal dan konsisten terhadap tujuan. Futsal untuk diri saya dapat menjadi kegiatan psotif dan cara saya memaksimalkan emosi yang lebih baik, darpiada menjadi emosi yang  negatif.   

 



0 komentar:

Posting Komentar