14.12.22

Before-After Prasyarat UAS

 

Essay Ke 3 Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.

Di Susun Oleh :

Fariha Aulia Syahda

21310410092

Reguler (A)

T.A Ganjil 2022

 


Siapapun pasti sudah tidak asing lagi dengan yang Namanya sampah. Suatu hal yang dijaga ketika dibutuhkan dan dibuang ketika sudah tidak dipakai lagi. Sampah atau waste mempunyai makna dalam berbagai ilmu pengetahuan. Namun, pada dasarnya sampah ialah suatu barang yang sudah terbuang yang bersumber dari aktivitas manusia ataupun alam yang tidak memiliki nilai ekonomis. Jika dilihat masalah yang berasal dari sampah memang tidak ada habisnya. Bahkan, seiring berjalannya waktu tingkat masalah yang berasal dari sampah terus meningkat.

Lingkungan hidup dan permasalahannya memang kerap sekali menjadi masalah umat manusia. Bahkan tak jarang, di area tempat umum yang sering di lewati atau dikunjungi masyarakat selalu banyak sampah yang bertebaran dimana-mana.  Akibatnya banyak penyakit dan area-area lingkungan banyak yang tercemar. Dalam hal ini penulis telah melakukan kegiatan yang diberi nama “Before-After” dalam kegiatannya penulis mengunjungi beberapa tempat umum seperti pantai, area kampus, jalan raya, tempat ibadah. Sangat disayangkan sekali dari beberapa tempat tersebut kebersihan lingkungannya masih kurang diperhatikakan apalagi lingkungan tersebut sering didatangi oleh banyak manusia. Namun, hal yang disayangkan adalah tidak terjaganya lingkungan sehingga banyak dari area tersebut tercemar dan tidak enak dipandang mata. Dalam kegiatan ini penulis berupaya melakukan hal apa saja yang bisa dibershakan dan membandingkan bagaimana jika lingkungan tersebut ketika tidak ada sampah. Hasilnya adalah lingkungan yang bersih tentu saja bisa memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang mendatanginya. Hal ini memang harus diperhatikan lebih mendalaml lagi dan butuh keseriusan dalam melakukannya.  Jika tempat-tempat tersebut mendapatkan penanganan yang tepat maka akan terlihat jauh lebih baik. Bahkan jika tempatnya bersiih bisa menjadi daya tarik bagi para pengunjung dan siapa saja yang melihatnya.

 DOKUMENTASI





















 

Daftar Pustaka

Kahfi, A. (2017). Tinjauan terhadap pengelolaan sampah. Jurisprudentie: Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum4(1), 12-25.

Ps, T. P. (2008). Penanganan dan pengolahan sampah. Penebar Swadaya Grup.

 

0 komentar:

Posting Komentar