15.12.22

Essay 3

 Essay 3


PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu      : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Nama                          : Danang Wahyu Saputro 

Nim                             : 20310410047

Kelas                           : Psikologi B 









Topik Memotivasi Diri untuk Malampaui batas yang bisa saya capai

Sumber Olahraga lari dan bersepeda saya sendiri

Ringkasan Psikologi olahraga adalah sebuah studi yang mempelajari segala faktor psikologis yang bisa memengaruhi performa dan kekuatan fisik seseorang saat berolahraga.

Pasalnya, kondisi mental seseorang ternyata bisa memengaruhi banyak aspek yang terjadi saat olahraga

Pada dasarnya, ilmu ini dipelajari oleh para psikolog untuk mendampingi para atlet profesional dalam menjalani kariernya.

Mereka akan membantu para atlet untuk menjaga level stres, mempertahankan mental yang kuat, hingga memberikan motivasi. Di samping itu, para psikolog juga membantu proses rehabilitasi setelah cedera.

Selain atlet, psikologi olahraga juga dapat membantu para nonatlet untuk menikmati olahraga yang mereka lakukan dan disiplin menjalankannya. Tidak hanya itu, psikologi olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang.

motivasi adalah 'alasan' yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi bila orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaan yang sedang dilakukannya saat ini. Berbeda dengan arti motivasi yang berkembang di masyarakat yang sering disamakan dengan 'semangat', seperti contoh dalam percakapan "saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi". Pernyataan ini bisa diartikan bahwa orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dorongan, dan ada juga yang mengartikannya sama dengan semangat.

Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali jika upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya, elemen yang terakhir yaitu ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.

Berbagai permasalahan di dalam pembinaan olahraga merupakan tantangan besar yang dihadapi oleh para pembinaan olahraga di Indonesia. Sentral permasalahan pembinaan olahraganya sendiri di Indonesia menjadi hancur. Sebagai orang berpendapat bahwa atlet kurang dimotivasi untuk berprestasi. Berbagai upaya diharapkan dapat meningkatkan motivasi atlet termasuk di dalam pemberdayaan motivator dengan harapan agar atlet termotivasi untuk berprestasi.


Jadwal :

Untuk masalah jadwal setiap Minggu saya bagi menjadi 2

1x sehari olahraga lari ( durasi 30-90 menit )

1x sehari olahraga bersepeda ( durasi 4-6 jam )

Permasalahan :

Bagaimana cara meningkatkan motivasi diri dalam berolaraga dan meningkatkan intesitas latihan dari pada biasanya dengan keterbatasan waktu luang saya karena satu Minggu saya hanya ada libur 2 hari

Opini Saya :

Sebaiknya selalu memacu diri untuk lebih meningkatkan diri kita dalam sesuatu yang kita lakukan seperti saya berolaraga terus menerus dan meingkatkab latihan saya untuk bisa memenangkan perlobaan yang saya ikuti.



0 komentar:

Posting Komentar