22.12.22

ESSAY 3 - PLOGING

 

ESSAY 3 PLOGING

Nama : Deriska Indah Asokawati

Nim : 21310410010

Prodi : Psikologi SJ

Dosen pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 




Banyak tempat yang bisa didatangi oleh masyarakat yogya untuk hanya sekedar olahraga ringan atau jogging. Banyak juga fasilitas yang disediakan yang bisa kita manfaatkan untuk berolahraga. Masyarakat yang datang biasanya membawa makanan ataupun minuman yang mereka beli dari luar yang dapat menimbulkan banyak sampah. Masih banyak masyarakat yang masih membuang sampahnya sembarangan padahal sudah disediakan tempat sampah yang banyak disana. Disana juga disediakan beberapa tempat sampah untuk kita memilah sampah organic dan anorganik.

Untuk mengerjakan essay ke-3 ini, saya mengajak teman saya untuk jogging di Stadion Maguwoharjo, karena saat itu hari minggu ada banyak sekali  orang yang menjual makanan ataupun minuman bahkan ada yang berjualan baju, tas, dll. Banyak orang yang datang hanya untuk berburu makanan ada juga yang datang untuk berolahraga, ada juga yang mereka datang bersama keluarganya hanya untuk menikmati hari minggu mereka.



Kita berlari mengitari Stadion Maguwo beberapa kali sambil memungut sampah-sampah yang ada disana. Banyak sekali sampah yang berserakan dijalan ataupun dipinggir jalan. Banyak daun kering, plastik bekas minuman, bahkan ada sterofoam bekas makanan.

Sampah yang telah terkumpul tadi kami bawa ketempat sampah yang sudah disediakan disana. Karena sampah-sampah yang kami kumpulkan sudah banyak yang rusak sepertinya sampah dari beberapa hari yang lalu dan tidak bisa didaur ulang maka kami buang pada tempat yang sudah disediakan. Setidaknya kami membantu untuk membersihakan dan membuangnya pada tempat yang benar. Memang tidak banyak kontribusi yang kami lakukan untuk membersihkan semua sampah yang ada disana tapi setidaknya tidak ada sampah yang mencemari lingkungan.



Saya masih banyak melihat masyarakat yang datang kesana membuang sampah sembarangan. Dengan kegiatan ini saya berharap masyarakat yang melihat sedikit lebih tergerak hatinya untuk menyimpan sampahnya sebentar dan mencari tempat sampah untuk membuangnya. Jika memang tidak ada tempat sampah bawalah sampahnya kerumah dan buanglah ditempat sampah rumah kalian. Tidak memerlukan usaha yang keras untuk menyimpannya dahulu sampahnya sampai ketemu tempat sampah.

0 komentar:

Posting Komentar