22.12.22

PROSES PEMBUATAN KOMPOS SEDERHANA

 

PROSES PEMBUATAN KOMPOS SEDERHANA

Essay 3

                                Dosen Pengampu        : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

                                Disusun Oleh              : Pin Gunita Sarasih (21310410074)

                                Kelas                           : Karyawan SJ

                                Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

    Pupuk kompos adalah salah satu jenis pupuk organik yang dikenal luas oleh masyarakat, khususnya yang aktif pada kegiatan pertanian. Pupuk kompos berasal dari penguraian sampah organik seperti dedaunan. Kali ini penulis dalam mengisi essay 3 akan memaparkan bagaimana cara membuat kompos sederhana yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Bahan-bahan yang digunakan antara lain, wadah/pot yang berlubang dibawahnya, kemudian daun kering, tanah+pupuk kandang, sisa sampah dapur (sampah dipotong-potong kecil), sekam mentah dan EM4. Penulis membuat kompos pada tanggal 04 Desember 2022, hari minggu. Terhitung dalam pembuatan kompos, kompos dapat dipanen dalam jangka waktu 2-3 minggu.


Berikut cara pembuatannya adalah :

  • 1.     Siapkan pot/wadah yang berlubang dibawahnya, kemudian buat starter kompos dan alasi dengan daun kering.
  • 2.  Tambahkan tanah dan pupuk kandang (tanah mengandung berjuta bakteri pengurai, pupuk kandang membantu memanaskan kompos. Kompos idealnya memiliki suhu 40-60 derajat celcius agar penguraian optimal dan membunuh bakteri patogen).
  • 3.    Lalu masukkan sampah organik sisa dapur non hewani (kali ini penulis menggunakan sampah sisa sayur, kulit buah naga, kulit buah mangga) yang sudah dicacah/dipotong kecil, hal ini berfungsi untuk mempercepat proses pengomposan. Kemudian tambahkan kembali campuran tanah dan pupuk kandang (prinsip mengompos harus ada unsur nitrogen dan unsur coklat. Unsur niterogen (sisa sampah dapur), unsur coklat (daun kering dan sekam).
  • 4.   Selanjutnya masukan unsur coklat yaitu sekam secukupnya dengan perbandingan ideal 30:70. Tempatkan pot diatas ember (tatakan).
  • 5.   Tambahkan bioaktivator menggunakan larutan EM4, berfungsi untuk menambah bakteri pengurai yang mempercepat penguraian. Berikan secukupnya jangan sampai terlalu basah. Kemudian tutup untuk mengurangi penguapan dan menjaga suhu/kelembaban selama proses fermentasi. Diamkan selama 2-3 hari untuk memastikan komposter berjalan.

Kompos dimulai pada tanggal 04 Desember 2022, hari minggu, kemudian setelah kompos selesai dibuat, pada tanggal 06 Desember hari selasa penulis membuka kompos untuk melihat apakah komposter berjalan dengan baik. Kompos yang dibuat disimpan ditempat kering dan tidak terkena air hujan. Lalu kompos didiamkan selama 2-3 minggu untuk bisa dipanen. Pada tanggal 20 Desember 2022, hari selasa, yang artinya sudah 2 minggu lebih, penulis mencoba membuka hasil kompos yang dibuat dan ternyata hasilnya sudah bisa dipanen tetapi masih terasa basah , jadi perlu diangin-anginkan. Hasil kompos yang dibuat berwarna hitam seperti tanah, dan tidak berbau. Kompos yang sudah jadi akan digunakan untuk pupuk tanaman yang ada dihalaman kost.

        






0 komentar:

Posting Komentar