20.12.22

essay 3 oleh Mustika Febriani

 

Essay 3 plogging

Nama : Mustika febriani

Nim : 21310410004

Dosen pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA






 

 

 

 

 

Permasalahan sampah di Indonesia antara lain semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan masyarakat, kurangnya tempat sebagai pembuangan sampah, sampah sebagai tempat berkembang dan sarang dari serangga dan tikus, menjadi sumber polusi dan pencemaran tanah,air, dan udara.

Data kementrian Lingkungan hidup dan kehutanan pada tahun 2021 mencatat volume sampah di Indonesia yang terdiri dari 154 Kabupaten/kota se-Indonesia mencapai 18,2 juta ton/tahun.sampah yang terkelola dengan baik hanya sebanyak 13,5 juta ton/tahun.

Apalagi sampah yang ada di tempat umum atau keramaian seperti contohnya Stadion Maguwoharjo, selain digunakan untuk melihat bola stadion ini juga seringkali dipakai untuk jogging ,volley,badminton dan banyak juga yang mengadakan event diluar stadion ini.

Banyak sekali sampah-sampah berserakan .

Pada hari minggu saya Bersama teman saya jogging di stadion maguwo setelah berlari-lari untuk beberapa putaran saya dan teman saya mulai memunguti sampah yang berceceran di sekitar tempat kami berlari.

Dengan bermodalkan kantung kresek seadanya kami memunguti sampah-sampah tersebut lalu membawanya ke tempat sampah yang tersedia disana.

Setelahnya kami melanjutkan untuk berlari-lari kecil sembari memunguti sampah sampah yang kami temui dan mengumpulkannya terlebih dahulu sebelum kami masukan ke tempat sampah juga.

Masih banyak sekali orang-orang yang membuang sampah sembarangan baik dari kalangan dewasa, orangtua, maupun dari kalangan anak-anak. Bahkan saking seringnya orang-orang membuang sampah, hal tersebut  menjadi kebiasaan dan sudah terbiasa jika membuang sampah sembarangan, padahal tempat sampah atau TPS (Tempat Pembuangan Sampah) sudah disediakan masih saja ada sekumpulan orang orang yang membuang sampah sembarangan

Maka dari itu perlu adanya kesadaran diri sendiri untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya.

Kita bisa mengubah kebiasaan itu dengan cara meningkatkan rasa kepeduliaan dengan lingkungan sekitar. kalau bukan kita yang menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya siapa lagi. Mulailah dari diri kita sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar