14.12.22

ESSAY 3 BEFORE AFTER PSIKOLOGI LINGKUNGAN

 

ESSAY 3 BEFORE AFTER PSIKOLOGI LINGKUNGAN

 

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dosen Pengampu      : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Nama                          : Leonardo Teniwut

Nim                             : 21310420046

Kelas                           : A1

    







Sampah merupakan sebuah permasalahan yang terdengar biasa di kalangan masyarakat bahkan ini sudah menjadi masalah di seluruh dunia. Hampir seluruh sudut dunia memiliki permasalahan menganai sampah, dimana setiap harinya timbunan sampah terus meningkat. Namun, sampah ini sangat sulit terurai. Hal seperti ini sangat perlu di perhatikan kerena dapat berdampak buruk dengan keadaan lingkungan sekitar. Oleh karena hal tersebut banyak negara yang mulai berlomba-lomba dalam melakukan program untuk menaggulangi sampah agar permasalahan ini bisa di minimalisir.

Di negara kita sendiri ini sampah merupakan permasalahan yang sampai saat ini tak kunjung terselesaian. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, namun masi saja permasalah ini tidak kunjung terselesaikan di akibatkan kurangnya kesadaran dalam diri masyarakat.  Misalnya banyak hal yang dirusak akibat sampah plastik.

Bahaya utama dari sampah plastik terhadap lingkungan adalah karena bahan ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai. Selain itu,  akan terdapat zat beracun yang di lepaskan sampah plastik ke dalam tanah apabila dia rusak di bawah sinar matahari.

Yang pertama, banyaknya sampah plastik yang di buang kealiran-aliran air di indonesia menyebabkan rusaknya ekosistem air, hal itu yang menyebabkan air sungai tercemar,bahkan membuat aliran sungai tersumbat dan lama kelamaan menjadi banjir. Dan bahkan sampah sampai bermuara ke lautan yang menyebabkan biota-biota laut menjadi rusak. Seperti yang kita lihat banyak terumbuh karang yang mati dan tumbuh tidak sempurna akibat sampah plastik.

Yang kedua, pembahakaran sampah plastik dan pembuatannya dapat mencemar lingkungan karena produksi karbon yang berlebihan. Ini dapat menganggu kelestarian makhluk hidup yang ada di muka bumi khususnya bagi makhluk hidup yng menghitup udara.

Untuk meminimalisir sampah yang ada di Indonesia di perlukan cara agar menyadarkan masyarakat indonesia iu sendiri bahwa sampah plastik merupakan sampah yang dapat merusak lingkungan. Untuk itu di perlukan kesadaran untuk mengurangi dan tidak memproduksi plastik karena ini hanya kan berdampak sangan buruk dengan manusia nantinya.

Untuk dapat memanfaatkan sampah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, tentunya kita harus mengumpulkan sampah terlebih dahulu. Setelah terkumpul kita pilah berbagai jenis sampah tersebut ke dalam jenisnya. Untuk itu diperlukan sebuah program yang mampu melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah Program Bank Sampah.

Bank Sampah adalah sebuah program yang mampu mengumpulkan sampah dan mampu memberi keuntungan secara materil dari ke dua belah pihak, baik dari pihak penyetor maupun pengelola itu sendiri. Di SMP Muslimin Bank Sampah dikelola oleh OSIS. Setiap kelas yang menyetorkan sampahnya dihitung perkilo berdasarkan jenisnya dan ditukar dengan nilai rupiah yang nantinya dijadikan uang kas. 

Karena semua jenis sampah terkumpul di Bank Sampah, maka mudah untuk memilih sampah mana yang akan dimanfaatkan sesuai dengan tujuan. Kita pilih sampah mana yang akan dijadikan sebagai bahan dasar dari kerajinan yang akan kita buat.

Banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir sampah plastik yaitu menggunakan bahan bahan organik. Dengan menghindari penggunaan plastik dalam sampah rumah tangga.  Dan juga bisa dengan cara memanfaatkan sampah plastik dengan daur ulang. Namun, yang paling di harapkan perannya di sini adalah pemerintah bagaimana cara mereka menyedarkan masyarakat dalam pengelolahan sampah plastik dan pemerintah di dorong untuk memperhatikan semua aspek agar lingkungan tidak mengalami kerusakan secara terus menerus. Atau dengan kata lain permasalahan bisa di minimalisir karena adanya dorongan darai pemerintah sekitar. Misalnya dengan mengadakan program-profram kerja yang bertemakan cinta lingkungan tampa sampah plastik.

 

DAFTAR PUSTAKA

Dicky Pratama Cahya.2020.Permasalahan lingkungan di indonesia.http://www.kompas.com/skola/read/2020/12/25/185121969/permaslahan-lingkungan-di-indonesia

https://www.scribd.com/document/509502265/essay-20tentang-20sampah

 

0 komentar:

Posting Komentar