14.12.22

Before After, Sebagai Bentuk Perilaku Peduli Lingkungan Fasilitas Umum

 

Essay 3 Psikologi Lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu Arundati Shinta

Oleh Aulia Khoiru Ummatin

 NIM 21310410086

 

Di Indonesia, khususnya Yogyakarta di daerah sekitar tempat saya tinggal, masih banyak sekali fasilitas umum yang hampir kurang terawat kebersihannya. Hal tersebut menggerakkan hati saya untuk memberi sedikit kontribusi untuk fasilitas umum dengan membersihkan daerah-daerah yang kotor karena sampah dedaunan kering yang berguguran dan beberapa sampah plastik bekas makanan orang-orang berkunjung yang tidak bertanggung jawab.

Foto pertama diatas, diambil pada tanggal 11 November 2022 di Embung Tambakboyo. Di kawasan umum tersebut banyak sekali sampah dedaunan kering yang berguguran dan tidak disapu, akibatnya Embung tersebut seperti fasilitas yang tidak terawat keberadaannya. Hal tersebut menggerakkan hati saya untuk membersihkan sebagian daerah embung tersebut agar sedikit lebih bersih dan terawat. Pada pukul 12.30 WIB setelah kuliah selesai saya mulai membersihkan embung tersebut dan memakan waktu kurang lebih satu setengah jam dan selesai pada pukul 14.15 WIB. Setelah saya bersihkan keadaan embung tersebut mulai terlihat sedikit bersih seperti foto yang tampak pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya, saya juga bergegas pergi ke tempat fasilitas umum lainnya, yaitu Candi Gebang. Di tempat tersebut juga banyak sekali sampah dedaunan kering yang berserakan dan tidak dibersihkan, padahal di tempat tersebut sudah ada petugas yang membersihkan, akan tetapi ketika saya berkunjung ke tempat tersebut, tempatnya masih sangat kotor seperti foto dibawah ini.

Dari foto tersebut bisa terlihat jelas banyak sampah dedaunan yang berserakan, akhirnya pada pukul 14.30 sampai dengan 15.45 saya membersihkan tempat tersebut sampai bersih seperti foto dibawah ini juga.

Seminggu kemudian, tepatnya tanggal 18 November saya kembali berkunjung ke fasilitas umum lainnya, yaitu Stadion Maguwoharjo. Tempat dimana biasanya diadakan event-event olahraga. Di sekitar stadion tersebut ternyata banyak sekali berserakan sampah dedaunan kering yang berguguran dan tidak segera dibersihkan. Ketika itu saya berkunjung pada pukul 13.00 dan saya mulai membersihkan tempat yang kotor tersebut. Suasana tempat tersebut bisa dilihat pada foto dibawah.

Dengan hati yang sangat miris karena melihat banyak sekali sampah berserakan yang tidak dibersihkan, saya mulai membersihkan tempat tersebut dan selesai pada pukul 14.20 WIB. Akhirnya, Stadion Maguwoharjo walaupun tidak semuanya, bisa terlihat sedikit bersih seperti keadaan dalam foto dibawah ini.

Fasilitas umum yang saya kunjungi terakhir adalah Bumi Perkemahan di dekat kampus Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Di tempat tersebut juga banyak sekali sampah berserakan. Padahal ada beberapa orang yang terpantau duduk-duduk di sekitar, akan tetapi mereka tidak terenyuh hatinya untuk sekedar membersihkan tempat tersebut. Keadaan Bumi Perkemahan pada waktu itu bisa dilihat di foto dibawah.

Dari foto diatas bisa terlihat bahwa keadaan tempat tersebut sangatlah kotor, akhirnya dengan berbekal sapu dan trash bag saya mulai membersihkan tempat tersebut pada pukul 15.30 WIB dan selesai pada pukul 16.30 dengan keadaan akhir yang bersih yang tampak pada foto terakhir dibawah ini.

8 foto diatas adalah kegiatan before after saya dalam membersihkan beberapa fasilitas umum di sekitar tempat saya tinggal. Bisa dilihat dari keempat tempat tersebut ternyata masih banyak sekali orang-orang yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Jadi, kita sebagai generasi bangsa harus bisa mencontohkan perilaku-perilaku yang dapat mengajak masyarakat sekitar bisa turut peduli dengan lingkungan sekitarnya. Satu oesan saya, mulailah dari diri sendiri dan berilah manfaat pada sekitar.

 

0 komentar:

Posting Komentar