3.12.22

Edukasi Mengenai Kesehatan Mental Melalui Reels Instagram

 

Edukasi Mengenai Kesehatan Mental Melalui Reels Instagram 


Essay Prestasi Psikologi Lingkungan

Nabila Tus Sangadah

NIM : 21310410038

Kelas Reguler / Semester 3

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Kesehatan mental adalah dimana sebuah kondisi pada individu terbebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental. Individu yang sehat secara mental yang berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya saat menyesuaikan diri kita untuk menghadapi masalah-masalah yang akan ditemui sepanjang hidup seseorang dengan kemampuan pengolahan stress, bagaimana seseorang menghidari sres, bagaimana seseorang menyembuhkan stress dll. Karena kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia sama halnya seperti kesehatan fisik pada umumnya. Dengan adanya sehat mental seseorang maka aspek kehidupan yang lain yang ada dalam dirinya akan bekerja secara lebih maksimal. Kondisi mental yang sehat tidak dapat terlepas dari kondisi kesehatan fisik yang baik. Berbagai penelitian memberikan hasil bahwa adanya hubungan antara kesehatan fisik dan mental seseorang, dimana pada individu yang menderita sakit secara fisik menunjukkan adanya masalah psikis hingga gangguan mental. Sebaliknya, individu dengan gangguan mental juga yang menyatu dalam kehidupan manusia. Pengenalan konsep sehat dan sakit, baik secara fisik maupun psikis merupakan bagian dari pengenalan manusia terhadap kondisi dirinya dan bagaimana penyesuaiannya dengan lingkungan sekitar.

 

        Dengan memperiahkan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia maka, UGM (Universitas Gadjah Mada) pada Fakultas Psikologi yang di sebut CPMH UGM (Center for Public Mental Health) mengadakan perlombaan  yaitu Instagram Reels Competition dengan tema “Kesehatan Mental: Prioritas bagi semua” yang di laksankan pada Bulan Oktober dan pendaftarannya pada tanggal 28 September-10 Oktober.  Dengan ketentuan Reels original, tidak boleh plagiarisme, dan belum pernah di tampilkan di media manapun, menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggirs, durasi maksimal 59 detik, mempublikasikan di instragram pribadi anda (bukan akun baru maupun palsu) dan akun tidak di private, dan dengan hastag dan tag 3 teman kalian.

 

        Vidio reels ini di buat untuk mengedukasi mengenai kesehatan mental, meskipun tidak mendapatkan juara tetapi bisa mendapatkan pengalaman terkait materi, membuat video, public speaking dan dapat memberi wawasan pada banyak orang. Vidio reels yang saya buat mengenai apa itu kesehatan mental yang baik, hal yang sering di lakukan seseorang walau batin kita sebaliknya, dan cara hal-hal yang harus di lakukan untuk menghindari stress. Vidio reels tersebut saya upload di akun Instagram saya, dengan itu sya merasa senang bisa mengikuti lomba tersebut.





0 komentar:

Posting Komentar