9.11.22

Tindakan Inspiratif Perempuan Indonesia Yang Menarik Perhatian Terhadap Sampah

Tindakan Inspiratif Perempuan Indonesia Yang Menarik Perhatian Terhadap Sampah


Oleh: Humairah Natsir

Program Studi Psikologi Umum

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022

Ujian Tengah Semester mata kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu Ibu Dr. Arundati Shinta, MA


        Perempuan sering kali dianggap sebagai makhluk yang lemah, lembut, perhatian, dan penuh kasih sayang. Pandangan ini selalu membawa peran perempuan sebagai feminim, di mana tidak banyak hal yang bisa dilakukan seorang perempuan. Bahkan di Indonesia khususnya, budaya peran gender ini telah mendarah daging, namun seiring perkembangan zaman. Perempuan Indonesia mulai diberikan peran berarti seperti dalam pendidikan, kepemimpinan, dan lainnya. Pandangan bahwa perempuan adalah makhluk domestik, yang peran utamanya adalah sebagai ibu rumah tangga dan istri, kini mulai luntur. Karena pada kenyataannya perempuan dapat melakukan berbagai macam hal dalam satu waktu. 

     Pada bulan November hingga Desember 2022, Harian Kompas dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyelenggarakan lomba foto yang bertema "Inspirasi Perempuan Indonesia". Lomba ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan memiliki dukungan besar terhadap seorang perempuan, dan menunjukkan bahwa seorang perempuan adalah sosok yang bisa menginspirasi Indonesia. 

      Gambar foto di atas merupakan salah satu hasil karya yang ikut lomba tersebut. Pada foto pertama berjudul "Pemilahan Sampah" Dengan caption "Bijak dalam menata hidup, termasuk ketika membuang sampah juga harus bijak dengan memilah antara jenis sampah" Adapun keterangan gambar terlihat seorang perempuan Indonesia yang sangat menginspirasi, di mana ia sangat bijak dalam menjalankan kehidupan bahkan untuk hal yang selalu diremehkan. Hanya dengan memilah sampah sebelum dibuang, dapat memberikan dampak besar pada Indonesia agar tidak terjadinya tumpukan sampah karena kesulitan dalam mengolahnya. Wah sangat menginspirasi sekali yah teman-teman. Tindakan perempuan menginspirasi ini sangat patut kita contoh. Jika kita ikut serta memilah sampah sebelum dibuang maka akan tercipta Generasi Indonesia Bijak. 

  Pada foto kedua berjudul "Usaha Pengurangan Penggunaan Kresek" Dengan caption "Indonesia cerdas dengan mengurangi penggunaan kantong plastik dan pemanfaatan sarana lain sebagai pengganti kantong plastik." Adapun keterangan gambar terlihat seorang perempuan Indonesia yang sangat menginspirasi, di mana beliau memanfaatkan sampah karung bekas yang di sambung dan disatukan sebagai wadah pembuangan sampah sehingga mengurangi penggunaan kantong plastik. Wah sangat menginspirasi bukan? Siapa nih yang masih menggunakan kresek untuk membuang sampah? Ayo ngaku hehe, tindakan beliau ini sangat patut dicontoh teman-teman, jika kita ikut serta mengurangi penggunaan kresek maka akan tercipta Indonesia ramah lingkungan. 

   Pada gambar ketiga berjudul "Pembuatan Kompos" Dengan caption "Kompos organik dari daun kering" Adapun keterangan gambar terlihat perempuan Indonesia yang sangat menginspirasi, di mana ia memanfaatkan sampah daun kering untuk pembuatan kompos. Sampah ini sangat sering dijumpai di mana-mana. Selain membuat halaman bersih, menyuburkan tanaman, pemanfaatan sampah daun kering ini dapat menghemat biaya pembelian kompos jika dibuat sendiri. Wah sangat menginspirasi teman-teman. Tindakan ini sangat patut dicontoh teman-teman, ayo ikut serta memanfaatkan daun kering sekitar kita untuk dibuat kompos. Dari pada tempat sampah kita penuh karena sampah daun kering ini hehe, cara membuatnya mudah loh.

    Karya foto ini telah dipublikasikan melalui instagram dengan alamat @humairahnatsir. Adapun tautan instagram untuk foto pertama https://www.instagram.com/p/Ckux2qVPHJM/?igshid=ZjA0NjI3M2I=, foto kedua https://www.instagram.com/p/CkuxrHzPqJf/?igshid=ZjA0NjI3M2I=, dan foto ketiga https://www.instagram.com/p/CkuxiSOv1sT/?igshid=ZjA0NjI3M2I=.

   Perempuan inspiratif sangat minim di era ini, dan Indonesia sangat membutuhkan peran tersebut. Maka sebagai perempuan Indonesia kita bisa berkarya dan menjadikan diri sebagai inspirasi yang lain. Di mana tindakan kita bisa menjadi suri tauladan yang patut dicontoh. 

Daftar Rujukan:

Wiyatmi. (2013). Menjadi Perempuan Terdidik: Novel Indonesia, dan Feminisme. Yogyakarta: UNY Press. 

Kompas. (2022). LOMBA FOTO Tema Inspirasi Perempuan Indonesia. Diakses melalui https://inspirasiperempuan.kompas.id/lomba-foto/ pada 09 November 2022.

0 komentar:

Posting Komentar