5.11.22

TAMBALAN SAMPAH PASIFIK YANG HEBAT

 

TAMBALAN SAMPAH PASIFIK YANG HEBAT

Essay 2 Psikologi Lingkungan

Rahayu Nur Kholifah (21310410079)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Tambalan Sampah Pasifik Yang Hebat

Sumber

The Great Pacific Garbage Patch | TJ Watson – 4.03.

https://youtu.be/MnCbTTTi7ic

Ringkasan

Bumi Globe Terra dunia kita tidak peduli, apa yang kita sebut planet bumi itu adalah rumah kita dan rentang waktu. Kita telah membuat dampak besar pada kondisi planet kita dari kedalaman hutan ke ketinggian puncak gunung. Ada banyak jejak kaki manusia ditemui di seluruh dunia, dan salah satu dampak paling produktif yang pernah dialami umat manusia di dunia kita terletak di lautan. Kotoran manusia khususnya plastik telah menumpuk di lautan kita yang merupakan ancaman nyata, tidak hanya bagi alam tetapi juga bagi manusia.









Ringkasan

(Lanjutan)

Great Pacific Garbage Patch menggambarkan efek yang kita miliki sebagai manusia terhadap lingkungan laut yang terletak di utara samudera pasifik dan yang terbesar dari lima patch sampah great. Pacific Garbage Patch ini adalah produk dari berton-ton sampah yang masuk ke laut dari danau dan sungai. Sampah yang terperangkap di patch ini tidak bisa melarikan diri karena terperangkap dalam pusaran yang diciptakan oleh arus laut.

 

Di negara callifornia bahkan memiliki total sampah yang jauh lebih banyak di bandingkan negara seperti jepang dll. Total sampah di patch tidak mungkin bisa di hitung karena adanya lapisan tebal limbah yang sangat menumpuk. Banyak sampah di dalam air yang terdiri dari plastik, jaring ikan yang ditinggalkan, dan juga tali plastik. Ada banyak jenis tipe plastik, plastik keras tipe H, plastik busa tipe F dan lebih dari 180 kali lebih banyak plastik dari pada makanan. Bahkan 74% makanan penyu dll terdiri dari sampah plastik.

Permasalahan

Efek dari tambalan sampah dengan kehidupan laut telah menjadi bukti bahwa tambalan ini menyebabkan efek yang merugikan untuk kehidupan manusia, sementara plastik juga tidak terdegradasi secara organik, plastik masih terurai menjadi apa yang oleh para ahli disebut plastik mikro dan pecahan kecil.

Opini Saya

1.     Kita harus mengakui bahwa tindakan kita berdampak pada lingkungan, mereka melakukannya atau tidak baik sebagai individu, anggota keluarga dan bahkan komunitas.

2.     Dengan memiliki komunitas yang pro terhadap sampah tentu bisa memberikan dampak perubahan terhadap lingkungan dengan melakukan penggalangan dan pembersihan laut sebagai sukarelawan.


0 komentar:

Posting Komentar