6.11.22

Review Video Youtube dan Opini Saya

 

Nama : Diah Novita Sari

NIM : 21310410111

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Essay ini dibuat untuk memenuhi persyaratan uts semester 3 dengan dosen pengampu Dr. Arundati Shinta M.A.

Topik

Pencemaran lingkungan yang disebakan oleh sampah plastik dan pembakaran sampah.

Sumber

https://youtu.be/2FSSj5CiSxs

Ringkasan

Sebuah botol plastik membutuhkan waktu antara 450-1000 tahun untuk terurai secara global 1 juta botol plastik dibeli setiap menit. Di India, 80% dari total konsumsi plastik dibuang sebagai sampah. India sendiri memproduksi 40.000 ton plastik setiap hari. Hanya Assam yang menghasilkan 2.99lakh kg sampah plastik dalam sehari.

Dalam video tersebut ada seorang Bernama Assam yang menceritakan  tentang sampah plastic yang ada di India. Pada tahun 2018 iia melakukan tur sendiri di 13 daerah yang ada di India dalam tur tersebut ia berbicara kepada orang yang sedang berkumpul di pinggir jalan di kedai teh hotel. Ia bercerita bahwa pada saat melakukan perjalanan ia menemukan banyak sampah plastik. Dan lebih buruknya ia melihat orang-orang membakar plastik. Kini banyak juga organisasi Israel yang melakukan kampanya untuk mengurangi plastik sampah. Pada tahun 2019 plsnet ini tenggelam dalam sampah plastik. Kini saatya kita untuk mendukung pemerintah dalam mengurangi sampah plastik.

Permasalahan

Permasalahan yang terjadi yaitu kini banyak sampah pplastik yang ada diseluruh penjuru dunia dan banyak orang-orang sekitar yang membakar sampah yang memiliki banyak dampak buruk bagi lingkungan.

Opini

Kini sampah plastik telah memenuhi berbagai jalan daerah di India. Bahkan telah banyak orang-orang disekitar di India yang membakar sampah plastik yang seharusnya tidak boleh dilakukan karena dapat perpengaruh buruk terhadap lingkungan seperti pencemaran udara, pencemaran tanah dan lain sebagainya. Kini sampah plastic juga telah menyebar keseluruh dunia dan jika sampah plastic bertambah terus menerus maka akan menyebabkan penumpukan sampah besar-besaran di planet ini. Kita sebagai manusia yang hidup di zaman melenial ini seharusnya bisa mengolah sampah plastic dengan lebih baik seperti menjadikannya kerajinan tangan maupun yang lainnya guna mengurangi sampah plastik. Kita juga bisa mulai mengurangi penggunaan plastic dengan mengganti tas plastic menjadi tas yang dapat digunakan Kembali, bukan yang sekali pakai atau dengan menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan sepeti tas dari kertas (paper bag).

 

 

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar