6.11.22

Meringkas Artikel Koran dan Opini Saya Tentang Sampah Organik



 

Meringkas Artikel Koran dan Opini Saya Tentang Sampah Organik

Essay 1 Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu Arundati Shinta

Oleh : Aulia Khoiru Ummatin NIM 21310410086

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Mengubah sampah organik yang mempunyai bau busuk menjadi cairan eco enzym yang bermanfaat.

Sumber

War, D. 2022. Relawan EEN Ajak Ubah Sampah Organik Jadi Eco Enzym. Kedaulatan Rakyat. 23 Oktober 2022, hal 2. 

Ringkasan

Ketua Relawan Eco Enzym Nusantara (EEN) Daerah Istimewa Yogyakarta, dr. Lusia Anggraini MPH, menjelaskan bahwa 60% sampah yang terbuang di Tempat Pembuangan Akhir adalah sampah organik yang menimbulkan bau busuk dan juga menghasilkan gas metana. Selain itu, sampah organik juga tidak bisa didaur ulang seperti halnya sampah plastik. Maka dari itu, relawan EEN mengajak masyarakat dan mensosialisasikan pengolahan sampah organik menjadi cairan eco enzym yang bermanfaat ketika kegiatan perayaan HUT ke-3 EEN  di objek wisata Lava Bantal, Berbah, Sleman.

Eco Enzym Nusantara (EEN) adalah sebuah organisasi relawan yang peduli pada lingkungan dan perubahan iklim. Kegiatan yang selalu dilakukan adalah mengedukasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan alam semesta. Cairan Eco Enzym sendiri merupakan hasil fermentasi kulit buah dan sayuran. Mempunyai manfaat bisa untuk cairan pembersih lantai, bahan pemutih pakaian dan mencuci peralatan dapur, menjernihkan air, bahkan untuk mengobati luka goresan.

Pada kegiatan di Lava Bantal, Relawan EEN DIY melakukan penyemprotan lokasi, menuangkan cairan Eco Enzym ke Sungai Opak dan memberikan pelatihan cara membuat Eco Enzym dengan harapannya masyarakat bisa membuat Eco Enzym secara mandiri dan bisa mengurangi limbah sampah dapur.

Permasalahan

60% sampah yang terbuang di TPA adalah sampah organik yang menimbulkan bau busuk dan sewaktu-waktu bisa meledak karena menghasilkan gas metana karena pembusukan sampah yang menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir. Hal itu terjadi karena kurangnya kesadaran edukasi masyarakat tentang pengolahan sampah yang benar agar bisa dimanfaatkan kembali.

Opini Saya

Keberadaan Relawan Eco Enzym Nusantara untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pengolahan sampah organik menjadi cairan yang bermanfaat sudah sangat bagus, karena bisa sangat membantu lingkungan untuk mengurangi limbah sampah dapur yang menyebabkan bau busuk.

Cara organisasi relawan EEN untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat sudah bagus, karena mereka juga mengajak dan mengajarkan cara pengolahannya untuk menghasilkan sebuah cairan yang bermanfaat.

Hal-hal yang saya lakukan agar bisa peduli terhadap lingkungan adalah mengusir rasa malas yang ada di dalam diri saya sendiri agar mau mengolah sampah dapur yang saya hasilkan sendiri.

 

0 komentar:

Posting Komentar