6.11.22

Meringkas Film Youtube Berbahasa Inggris dan Opini Saya Tentang Sampah


 

Meringkas Film Youtube Berbahasa Inggris dan Opini Saya Tentang Sampah

Essay 2 Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu Arundati Shinta

Oleh : Aulia Khoiru Ummatin NIM 21310410086

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Sampah selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan. Bagi orang-orang yang tidak bertanggungjawab, sampah hanya akan menjadi limbah yang akan bertambah terus-menerus. Akan tetapi, di tangan orang yang bertanggungjawab, sampah menjadi nilai jual yang dapat menghidupi kehidupan seseorang.

Sumber

The Trash | Award Winning Short Film | Nikon D5300 | Monochrome | Crocodile Media - 7 : 10.

https://youtu.be/obwENwIVJKs 

Ringkasan

Dalam film tersebut, terdapat dua orang anak remaja. Satu anak tersebut tidak dapat merasakan rasanya sekolah karena terbatasnya ekonomi. Pada akhirnya anak tersebut mencukupi kebutuhannya dengan memulung sampah dan menjualnya sehingga mendapatkan uang. Sedangkan satu anak lagi mempunyai latar belakang ekonomi yang mencukupi dirinya agar dapat bersekolah dan bermain seperti anak remaja pada umumnya. Akan tetapi, perilakunya sangat tidak bertanggungjawab terhadap lingkungan, sehingga ia seringkali membuang sampah sembarangan. Tidak luput dari pandangan, anak tersebut juga mempunyai sifat yang sombong, sering memamerkan barang-barang yang ia punya terhadap anak pemulung tersebut, sehingga anak pemulung tersebut seringkali merasa iri karena tidak bisa mempunyai bahkan bermain seperti anak tersebut.

Suatu hari, anak pemulung tersebut membuat mainan kapal-kapalan dari kertas dan menaruhnya di sebuah sungai. Sampai ada satu sampah botol mengapung mendekati mainan kapal kertas tersebut. Akhirnya, anak tersebut mendapatkan ide baru untuk menggunakan botol bekas tersebut. Ia memanfaatkan botol-botol bekas yang ia punya untuk dirakit menjadi sebuah kapal yang bisa mengapung di atas sungai. Ia pun bermain dengan kapal buatan dari botol-botol bekas tersebut dan mendayungnya dengan kayu bekas yang sudah ia buat juga. Tak lama dari itu, anak yang sombong melihat kejadian tersebut dan terbesit rasa ingin bermain dengan anak pemulung karena dianggap mainannya unik karena bisa mengapung di atas air. Karena kapal buatan dari botol-botol bekas itu kemudian mereka bisa berteman dengan baik.

Permasalahan

Di mata orang-orang yang tidak peduli dengan lingkungan, sampah hanyalah sebuah limbah yang tidak mempunyai nilai apapun. Akhirnya, dari pemikiran tersebut banyak orang-orang yang sering membuang sampah sembarangan dan tidak memikirkan dampak yang akan terjadi jika sampah banyak berserakan dimana-mana tanpa diolah. Sampah hanya akan menjadi limbah yang akan terus menerus menumpuk dan menimbulkan kerusakan lingkungan di tangan orang-orang yang tidak tepat.

Opini Saya

Menurut saya, sampah akan berguna dan mempunyai nilai jual yang tinggi jika berada di tangan orang-orang yang tepat dan mampu mengolah sampah dengan baik. Seperti yang tertera dalam video youtube tersebut, sampah botol akan berguna dan memberikan manfaat bagi orang-orang yang mampu mengolahnya dengan baik. Kalaupun tidak bisa mengolah sampah botol tersebut, anda bisa menjualnya di tempat pembuangan akhir agar bisa diolah dengan baik di tempat seharusnya. Sampah bukanlah sesuatu yang harus ditakuti apalagi dihindari. Sampah bisa menjadi teman di lingkungan kita yang dapat memberi manfaat dan keuntungan jika kita mampu berjalan beriringan dengan sampah.

 

0 komentar:

Posting Komentar