6.11.22

Meringkas Artikel Dari Koran Cetak dan Opini Saya

Essay 1 Psikologi Lingkungan 

Akses TPA Longsor Dan Sampah Yang Berceceran Disepanjang Jalan


Nurul Mawaddah

21310410028

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.


Topik

Akses TPA longsor dan sampah berceceran disepanjang jalan TPA

Sumber

Bambang Arifianto. (2022). Akses TPA Longsor. Bandung Raya. 20 September.

Ringkasan

Terjadi longsor pada senin malam saat hari hujan, area longsoran terus semakin meluas. Saat hujan, aliran air justru masuk ke badan jalan. Dari sana, air kemudian masuk ke Cipanawuan melalui belokan akses TPA itu. Hal tersebut diduga membuat bahu jalan longsor. Area longsor bisa bertambah jika hujan kembali mengguyur. PR sudah memberitakan kondisi tersebut, namun hingga sekarang perbaikan tak nampak dilakukan.

Beberapa persoalan lain juga membelit TPA yang menjadi lokasi pembuangan akhir kawasan Bandung Raya. Persoalan akses TPA yang kumuh dengan sampah-sampah yang berceceran di tepi jalan dan sampai sekarang tak ada perubahan. Sampah-sampah tetap berceceran tanpa diangkut kembali serta kondisi jalan tetap kumuh dan tidak nyaman untuk dilintasi. Bahkan beberapa sampah yang tertinggal ditepi jalan TPA tersebut justru dibakar hingga menghasilkan asap.

Lalu lalang truk pengangkut juga membuat arus kendaraan menjadi macet.

Permasalahan

Pemerintah yang kurang perhatian akan daerah tersebut, ketika terjadi longsor tidak langsung bertindak untuk memperbaiki jalan.

Kurangnya perhatian pada lingkungan area jalan yang banyak sampah berceceran karena tidak dipungut kembali ketika sampah jatuh dari truk. Justru malah didapati sampah-sampah tersebut dibakar yang hasilnya membuat asap yang menyebabkan polusi udara pada lingkungan sekitar.

Opini Saya

Sebaiknya PR selain memberitakan keadaan di area TPA tersebut mereka juga bisa mengajak masyarakat pada lingkungan tersebut untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang untuk memperbaiki longsor atau Badan Penanggulangan Bencana agar bisa segera diperbaiki, karena jika dibiarkan area longsor semakin meluas dan akan membuat area tersebut rawan bagi pengendara yang melintas.

Untuk sampah yang berceceran di tepian jalan bisa dari perangkat daerah pada lingkungan tersebut mengajak masyarakat untuk bersama membersihkan sampah dan memuangnya ke tempat yang seharusnya dan jangan dibakar karena pembakaran sampah tidak efektif untuk lingkungan akan menimbulkan polusi pada udara.


0 komentar:

Posting Komentar