9.11.22

Peranan Perempuan Dalam Pengelolaan Sampah

Nama : Diah Novita Sari

NIM : 21310410111

Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan.

Dosen pengampu: Arundati Shinta.

Apasih itu peranan? Peranan merupakan aspek dinamis kependudukan. Ketika seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka orang tersebut telah menjalankan suatu peranan.

Peranan diatur oleh norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Peranan dapat mencakup 3 (tiga) hal, yaitu :

1.     Peranan meliputi norma-norma yang dihubungkan dengan posisi atau tempat seseorang dalam masyarakat.

2.     Peranan merupakan suatu konsep tentang apa yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat sebagai organisasi.

3.     Peranan juga dapat dikatakan sebagai perilaku individu yang penting bagi struktur sosial masyarakat.

 

Biasanya perempuan itu selalu dipandang lemah dan tidak bisa melakukan apa-apa, sehingga jarang sekali ada yang memikirkan apasih yang bisa dilakukan oleh seorang perempuan. Lalu bagaimana dengan peranan perempuan dalam pengolahan samapah? Jangan salah, Perempuan itu biasanya memiliki kreatifitas yang lebih tinggi apalagi dalam hal pengolahan sampah atau barang yang tidak dapat di gunakan lagi. Semakin banyaknya pertumbuhan manusia yang ada semakin banyak pula sampah yang dihasilkan.

 Seorang perempuan memiliki ide-ide kreatif untuk mengolah sampah plastik. Di Kota Yogyakarta kini telah banyak bank sampah yang dimana sampah-sampah akan didaur ulang menjadi barang dapat diigunakan kembali. Banyak orang jogja yang telah mengikuti kegiatan bank sampah tersebut setiap minggunya, dalam mengikuti kegiatan tersebut sampah akan di ganti uang yang ditabung meskipun uang itu tidak seberapa. Namun kegiatan tersebut dapat mengurangi sampah yang ada di lingkungan. Kegiatan bank sampah ini bisa dilakukan oleh siapa saja selama di daerah lingkungan tersebut terdapat layanan bank sampah. Apalagi jika ada seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja bisa melakukan bank sampah maupun mengikuti kegiatan bank sampah tersebut seperti membuat kerajinan tangan dari limbah plastik. 

Sekarang ini telah banyak perempuan yang mengolah sampah plastik menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti membuat tas dari kemasan-kemasan minuman seperti kopi, bisa juga menggunakan kemasan-kemasan dari sabun cuci pakaian maupun pewangi pakaian. Adapula perempuan yang memiliki ide untuk membuat kerajinan tangan seperti tempat pensil, kotak tisu, maupun celengan dari kertas yang sudah tidak terpakai seperti kertas koran lama. Tidak hanya itu saja, perempuan juga dapat mengolah sampah dapur menjadi kompos, seperti sampah kulit buah, sayuran, maupun dari cangkang telur ayam. Dengan adanya berbagai kreatifitas yang dihasilkan oleh perempuan-perempuan itu sangat membantu untuk mengurangi adanya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah, dimana jika sampah plastik maupun organic bila tidak didaur ulang lama kelamaan lingkungan disekitar akan penuh dengan sampah. 

Adanya sampah dilingkungan hidup manusia dianggaplah sangat mengganggu masih banyak orang yang belum sadar akan oentinya pengolahan sampah tersebut. Namun ada banyak orang juga yang telah mengerti tentang pemanfaatan serta cara pengolahan sampah agar tidak menumpuk. Sebagai perempuan sudah seharusnya kita memahami akan pentingnya pengolahan sampah tersebut dan bagaimana dampak bila sampah-sampah yang ada tidak dikelola dengan baik. Kita bisa memulainya dengan hal dasar seperti memilah-milah sampah, sampah mana yang bisa di daur ulang dan mana yang bisa dijadikan kompos. Kalua bukan kita yang melakukannya maka siapa lagi yang bisa melakukan hal tersebut jika tidak ada yang memulainya.

Referensi :

Putra,I Made Ode Dwiyana.,dkk. 2021. Pengelolaan Sampah Plastik Rumah Tangga, Dalam Rangka Pencegahan Pencemaran Lingkungan (Studi Di Lingkungan Kelurahan Pedungan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar). Vol. 2, No.1.

https://id.wikipedia.org/wiki/Peranan

 


0 komentar:

Posting Komentar