9.11.22

PERANAN PEREMPUAN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH

 


 

Essay ULANGAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dosen: Dr. Arundati Shinta, M.A

Oleh: Nia Zulkhaini (21310410097)

FAKULTAS PSIKOLOGI

Kelas Reguler

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Lingkungan merupakan tempat hidup semua makhluk di bumi terutama manusia. Berbagai kasus lingkungan hidup yang terjadi saat ini, baik pada lingkungan global maupun nasional, sebagian besar bersumber dari manusia. Lingkungan merupakan faktor terbesar dalam mempengaruhi kesehatan manusia. Sehingga menjaga kebersihan merupakan peran penting bagi seluruh masyarakat baik perempuan, laki-laki, anak-anak, dan lansia. Sampah merupakan masalah lingkungan hidup yang sangat serius dialami oleh semua masyarakat, Sampah merupakan suatu benda atau bahan yang sudah tidak digunakan lagi oleh manusia maka dari itu sampah dibuang.  Indonesia merupakan menyumbang sampah terbesar setelah tiongkok cina. Terdapat banyak stigma buruk mengenai sampah seperti semua sampah itu menjijikan, bau, dan sudah tidak bermanfaat, dari sinilah munculnya masalah lingkungan terkait dengan pembuangan sampah secara sembarangan, banyak masyarakat yang tidak sadar akan dampak membuang sampah sembarangan pada lingkungan. pentingnya menumbuhkan rasa perduli akan kebersihan lingkungan demi menciptakan rasa nyaman dan menciptakan lingkungan yang sehat dalam masyarakat dan juga menciptakan lingkungan hidup yang sehat dan baik karena lingkungan memberikan manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Pembuangan sampah yang tidak baik akan mengakibatkan pada kesehatan, kualitas lingkungan hidup yang sudah menurun mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. penumpukan sampah akan menumbuhkan banyak virus dan menyebabkan penyakit. Permasalahan utama pada Indonesia yaitu semakin menumpuknya sampah dan terbatasnya tempat pembuangan sampah. Ada banyak upaya untuk menjaga lingkungan dan mengurangi sampah yaitu dengan membuang sampah pada bang sampah, memilah sampah antar organik dan non organik agar bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Kedudukan perempuan dalam keluarga dan masyarakat serta dalam pembangunan lingkungan perlu Dipelihara dan di tingkatkan. Secara kuantitas jumlah penduduk perempuan di Indonesia lebih banyak dari pada laki-laki Perempuan sebagai warga negara dan sumber daya insani pembangunan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki yaitu berperan untuk menjaga kebersihan lingkungan. isu lingkungan berkaitan erat dengan perempuan, dari isu tersebut munculah sebuah permasalahan bagaimanakah peranan perempuan dalam pembangunan dan pelestarian lingkungan hidup?. Peran perempuan sangat menentukan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang baik, Perempuan memberi pengaruh besar terhadap kualitas lingkungan, banyak hal yang dapat dilakukan oleh perempuan terkait hubungannya dengan menjaga kelestarian lingkungan, seperti mengurangi pemakaian deterjen yang berlebihan dan mengontrol sisa air penggunaan deterjen untuk ditampung agar tidak langsung dibuang pada tanah supaya tidak terjadi pencemaran tanah, kemudian peran perempuan dalam menjaga lingkungan bisa mengurangi penggunaan sampah plastik dalam rumah tangga dan memanfaatkan bahan bekas plastik menjadi suatu kerajinan seperti dijadikan tas, dompet dll, perempuan juga merupakan seseorang yang aktif dalam penanaman pohon-pohon dirumah karena mayoritas perempuan suka akan tanaman hal ini dapat menjadi suatu upaya untuk melakukan gerekan penghijauanpada lingkungan sekitar, dan pemanfaatan sampah kebun juga sampah sisa dapur dibuat menjadi kompos untuk menyuburkan tanaman. Perempuan sebagai guru untuk anaknya dapat mengajarkan rasa perduli akan lingkungan kepada anak dari dia masih kecil, dengan mengajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya dan mengajarkan anak untuk berkebun merupakan suatu upaya untuk mensosialisasikan tentang lingkungan kepada seseorang. Perempuan bisa mensosialisasikan mengenai lingkungan secara langsung dari relasi pertemanan atau bergabung pada suatu organisasi lingkungan. Bentuk komitmen perempuan adalah aktivitas kepedulian dalam menyelamatkan dan melestarikan fungsi lingkungan, dengan mencegah pencemaran lingkungan dan perusakan terhadap lingkungan.

 

Daftar pustaka:

Saleh. Meylen. 2014. Partisipasi perempuan dalam pengelolaan lingkungan hidup. 6. 236-257.

Sriningsih. Komang. 2018. Peran serta perempuan dalam pembangunan lingkungan hidup. Dempasar Bali.

Kartika Nuril Ilmi. 2018. Analisis pengelolaan sampah pada masyarakat desa disanah kecamatan sreseh kabupaten sampang. Jurnal kesehatan lingkungan. 4. 368-369.

Chaesfa. Yulanda & Nurmala K. pandjaitan. Persepsi perempuan terhadap lingkungan hidup dan partisipasinya dalam pengeloaan sampah rumahtangga. Jurnal sosiologi pedesaan. 1 (02). 165-167.




 

0 komentar:

Posting Komentar