8.11.22

Peranan Perempuan Dalam Pengelolaan Sampah Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan Dosen Pengampu : Arundati Shinta

Peranan Perempuan Dalam Pengelolaan Sampah

Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Arundati Shinta

 




Sampah disekitar kita semakin hari semakin menumpuk. Baik sampah rumah tangga, sampah industry, dan sampah lingkungan. Menumpuknya sampah bukan hal mudah untuk diselesaikan. Penumpukan sampah sudah menjadi permasalahan yang serius bagi kita semua.

Di indonesia sendiri faktanya sampah sangat menumpuk menurut KLHK: Jumlah Timbunan Sampah di Indonesia Capai 29,8 Juta Ton pada 2021. Data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menyebutkan, jumlah timbulan sampah di Indonesia mencapai 29,8 juta ton sepanjang 2021.

Fakta ini juga mengapa permasalahan sampah di negara kita sangat susah di selesaikan karena kurangnya kesadaran masyarakat tentang akan lingkungan dan juga kurang edukasi tentang pembuangan jenis-sampah yang harus di pilah-pilah sebelum di buang.

Tidak dipungkiri juga bahwa sudah banyak orang mulai menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan juga tidak lepas bahwa banyak perepuan yang lebih berperan dalam pengelolan lingkungan salah satunya penggelolaan sampah plastic banyak perempuan dan ibu-ibu rumah tangga mendaur ulang sampah plastic

Dari membuat pot, keranjang, tas, dan beragam kerajinan lainnya dalam sampah plastic ini juga membuat peranan perpuan sangat tinggi dalam pengelolaan lingkungan dan kebersihan. Peranan perempuan juga sangat penting untuk mendorong kelangsungan hidup.

Sampah plastik yang tidak diolah dan dibiarkan begitu saja berdampak negatif terhadap lingkungan sekitarnya, seperti pencemaran lingkungan, bau yang kurang sedap, dan jika tidak sengaja dikonsumsi hewan, maka sangat berbahaya.

Banyaknya kawasan industri saat ini juga berdampak pada bertambahnya volume dan juga jenis sampah di Indonesia, tak hanya plastik bahkan saat ini sampah sisa produksi industri juga semakin bertambah seperti limbah. Baik limbah cair maupun padat keduanya memiliki dampak yang negatif bagi lingkungan, salah satunya adalah limbah besi.

Saat ini dibutuhkan ide pengelolaan sampah yang inovatif dan kreatif agar pelaksanaanya tepat serta memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia kedepanya. Peraturan perundang-undangan yang sudah ada sesungguhnya sudah baik dan tepat tetapi dalam hal pelaksanaan masih kurang intensif dalam menjalankanya. Program pengolahan sampah berbasis masyarakat membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat yang akan ikut andil dalam pengelolaan sampah.

Maka dengan itu banyak munculnya bank sampah untuk melakukan pengelolaan sampah yang mana sangat membantu mengurangi sampah-sampah yang semakin hari semakin menumpuk dan juga tidak terlepas bahwa peranan perempuan sangat besar dalam mengelolah sampah-sampah tersebut sehingga bisa banyak berikan banyak kontribusi untuk menghasilkan uang mana bisa membangtu menghidupi keluarga-keluarga peranan perempuan juga sangat baik dan handal dalam melakukan pengelolaan sampah.

Peranan perempuan dalam Pengolahan sampah yang dilakukan juga dimaksud antara lain untuk memberikan edukasi kepada anak-anak dan keluar mereka serta lingkungan mereka untuk lebih perduli terhadap lingkungan

Pada pengelolaan bank sampah dan yang lainnya banyak sekali peranan perempuan terlibat dari pengelolaan sampah lingkungan, sampah rumah tangga sampah plastic dan sampah-sampah yang lainnya.

Ini juga mengapa pengelolaan sampah mulai banyak dan juga banyak pula peranan perempuan yang terlibat didalamnya yang membuat pengelolaa sampah banyak macan dan varian, sampah juga kadangan di buat menjadi hiasan-hiasan yang menarik dari Bungan sendal dan berbagai macam lainya.

Ini juga mengapa dikatakan peranan perepuan dalam pengelolaan sampah sangat baik dan juga sangat hebat dalam pengelolaan sampah dan lingkungan di sekitarnya yang membuat lingkungan sangat indah.

 

DAFTAR PUSTAKA

Cecep Dani Sucipto, (2012), Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah, Yogyakarta: Gosyen Publishing

Zulkifli Arif, (2014), Pengelolaan Limbah Berkelanjutan, Jakarta: Graha Ilmu

Aryani Ida Kusuma, (2010), Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai, Bogor: Ghalia Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar