11.11.22

PERANAN PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN YANG INSPIRATIF

 

Ujian Tengah Semester

Psikologi Inovasi

Dosen : Arundati Shinta

Kelas : Karyawan

Oleh : Dhika Putra Utama

NIM : 22310420043

Universitas Proklamasi 45




                Peranana wanita dalam pendidikan yang inspiratif, perempuan saat ini menjadi sosok yang berperan besar dalam segala aspek. Adanya kesetaraan gender membuat perempuan mengambi peranan yang sama pentingnya dengan laki-laki. Perempuan adalah makhluk yang diciptakan dengan banyak keunggulan, sehingga banyak topik diangkat dengan latar belakang wanita. Keuntungan perempuan termasuk dalam peran yang mereka mainkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan ada beberapa masalah yang muncul dari peran perempuan. Diskusi perempuan dengan sejuta masalah telah melahirkan beberapa ahli yang telah mengemukakan teori sosial di samping perempuan sebagai feminisme (gender) dengan beberapa paradigma. Sejak kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, perempuan menjadi landasan bagi pembangunan bangsa ini. Pahlawan yang membela Indonesia selama kolonialisme dan imperialisme tidak hanya lahir dari laki-laki saja. Peran perempuan sebagai patriot pahlawan atau kaleng kebenaran tak terbantahkan Hal ini membuat banyak ahli sosial mengadopsi teori-teori perubahan sosial abad ke-18 bahwa negara-negara bahwa perempuan bisa menjadi pembawa aktor pembangunan berkelanjutan bangsa.

                Meninjau dari aspek pendidikan, pendidikan sendiri  adalah hak setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Dengan demikian, semestinya tidak ada alasan untuk mendiskriminasikan ataupun menelantarkan pendidikan kaum perempuan. Ini berarti perempuan bisa belajar bidang apa saja. Memang secara umum sebagian besar orang tua di Indonesia saat ini sudah mulai menyadari akan pentingnya sekolah bagi putra-putrinya namun ada sebagian yang masih memiliki pandangan yang timpang terhadap pendidikan anak perempuannya. Perempuan dalam duni pendidikan dapat berperan seabgai sosok ibu bagi anak didiknya, yang diamana sosok ibu sendiri menjadi central ketika sedang mengajarkan seseuatu terhadap anak didiknya. Adanya peranan wanita dalam pendidikan sangat penting sehingga anak didik tidak merasa sendirian ketika bersekolah atau pun menempuh pendidikan ditempat selain dirumah. Sosok perempuan dapat menggantikan peranan Ibu yang sedang ada dirumah.

Perempuan memiliki berbagai macam peran dalam pendidikan, perempuan memiliki dasar untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif. Dalam beberapa foto tersebut, perempuan dalam pendidikan yang inspiratif memperlihatkan bagaimana sanggup dan mampunya pada hal pendidikan. Perempuan adalah, pendidik yang paling pertama dan utama dalam kerluarga, bahkan perempuan dapat menjadi indicator kekuatan seuatu bangsa. Perempuan tidak hanya peduli terharap dirinya saja, tapi juga pada anak-anaknya. Tuntutan perkembangan zaman dan teknologi membuat perempuan lebih bertindak kreatif dan inovatif untuk mempertahankan pendidikan di Indonesia agar menjadi efektif meskipun dengan adanya perkembangan zaman.

0 komentar:

Posting Komentar