9.11.22

Peran Perempuan Dalam Pengelolaan Sampah

 

Peranan Perepmuan Dalam Pengelolaan Sampah

Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Arundati Shinta

 

Saat ini ada banyak sampah yang ada di sekitar kita, tanpa kita sadari bahkan kita sendiri pun mungkin menjadi penyumbang sampahnya. Tanpa memikirkan dampak serta bagaimana cara untuk menanggulangi. Masih banyak orang yang hanya memikirkan sebatas membuang sampah pada tempatnya namun tidak mengetahui bagaimana cara mengolah sampah tersebut menjadi sesuatu yang berharga dan memiliki nilai lebih.

            Seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi serta pengetahuan kini ada Sebagian orang yang sudah memikirkan cara mengelola sampah bisa dengan dijual di bank sampah atau juga dibuat komps serta dibuat kerajinan. Kini banyak organisasi yang didirikan oleh para perempuan – perempuan hebat yang mampu memanfaatkan sampah- sampah itu.






Tiga foto tersebut telah menunjukkan peranan perempuan dalam keikutsertaan mengelola sampah yang kian hari kian meningkat baik sampah dari rumah tangga atau sampah dari produksi pabrik. Beliau adalah orang -orang hebat yang membuka mindset banyak orang bahwa sampah itu bisa dijadikan lahan penghasilan. Misal dengan menabung di bank sampah, awalnya orang akan mengumpulkan sampah Setiap anggota yang akan menyetorkan sampah wajib mengisi daftar hadir yang menjadi tanda bahwa anggota tersebut telah menyetorkan sampahnya. Setelah anggota sudah mengisi daftar hadir, anggota tersebut harus memperlihatkan sampah yang disetorkannya kepada petugas bank sampah tersebut.

Jika anggota yang menyetorkan sampahnya belum memilah sampah tersebut petugas harus memilah sampahnya sesuai dengan jenis sampah tersebut. Misalnya saja mencampurkan sampah plastik dengan plastik lainnya. Sebaiknya petugas juga memberikan instruksi kepada anggota sebelum disetorkan ke bank sampah harus dipilah terlebih dahulu. itu lalu dibawa ke bank sampah yang akan di timbang lalu diberikan harga yang sesuai dengan pasarannya. Bahkan ada juga saat ini yang modelnya adalah menabung yang nantinya ditabung dalam bentuk menabung emas . hal ini tentu akan sangat menarik bagi orang-orang yang ingin menjaga kelestarian lingkungan serta menambah penghasilan dari limbah yang sebenarnya bernilai tak terlalu tinggi.

Ada juga pengelolaan  sampah menjadi kerajinan sampah , para perempuan hebat ini mampu memikirkan ide-ide apa saja yang mampu dibuat dari limbah sampah ini. Sampah ini diubah menjadi barang atau sesuatu yang mempunyai nilai jual. Jika boleh saya bilang mereka ini sangat antusias serta bisa berpikir lebih jauh mengenai hal yang sebenarnya kecil. Mereka bisa menginspirasi banyak orang dan mengubah mindset bahwa sampah bisa disulap menjadi sesuatu yang lebih bernilai. 

Daftar Pustaka : https://dlh.semarangkota.go.id/3-cara-mengelola-bank-sampah-dengan-benar/

0 komentar:

Posting Komentar