11.11.22

PERAN PEREMPUAN DALAM MENDIDIK ANAK

 Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Inovasi
Semester Ganjil (2022/2023)
Mohammad Evansyah
19310410049
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundhati Shinta, MA.

Pada dasarnya peran perempuan adalah sebagai pelindung bagi anak, perempuan juga sebagai dasar dari pendidikan anak. Salah satu tugas nya itu membuat anak lebih dewasa dan mandiri, juga mngajarkan kepada anak mana yang baik dan mana yang salah, agar dalam keadaan zaman yang semakin berkembang pun si anak tetap dapat memilah mana yang baik mana yang salah. Begitu pentingnya perkembangan partisipasi dari perempuan terhadap perkembangan dunia pendidikan, dan juga peningkatan pengetahuan bagi kelompok masyarakat kaum wanita, karena perempuan (Ibu) ialah “sekolah” bagi anak-anak mereka. Pendidik yang paling pertama dan utama dalam kerluarga. Perempuan tidak hanya peduli terharap dirinya saja, tapi juga pada anak-anaknya. 

Ibu yang mengajarkan anaknya menyiram tanaman

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi anak untuk membentuk kepribadian dan mencapai tugas-tugas perkembangannya. Oleh karena itu, keluarga merupakan wadah yang memiliki arti penting dalam pembentukan karakter, hubungan kekerabatan, sosial dan kreativitas para anggotanya. (Ulfiyah, 2016). Dalam perannya dikeluarga, ibu memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mengembangkan kepribadian anak. Perawatan orangtua yang penuh kasih sayang dan pendidikan tentang nilai-nilai kehidupan, baik agama maupun sosial budaya yang diberikan merupakan faktor yang sangat mendukung untuk mempersiapkan anak menjadi pribadi dan anggota masyarakat yang baik. 

Ibu membantu anaknya mengerjakan tugas sekolah

Perempuan sebagaimana telah ditunjuk sebagai seorang ibu, untuk mengajarkan kepada anak-anaknya, memiliki peranan paling penting dalam keluarga, seorang perempuan yang di harapkan mampu melengkapi biduk rumah tangga nya, tidak hanya berprofesi sebagai anggota dalam keluarga, sebagai istri dari suaminya dan sebagai pengajar dari anak-anaknya, melainkan peran seorang perempuan lebih baik dari itu, perannya sebagai pendidik, sebagai pemimpin, sebagai pekerja, sebagai perawat, semua itu dilakukan oleh seorang perempuan sebagaimana hak-haknya yang telah ditetapkan. 

Guru yang sedang memberikan pembelajaran di luar kelas

Guru adalah figur yang menempati posisi dan memegang peran penting dalam pendidikan selain ibu. Di sekolah, guru hadir untuk mengabdikan diri kepada umat manusia dalam hal ini anak didik. Sosok guru memiliki peran sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya sehingga kelas dapat berhasil meneruskan estafet kepemimpinan bangsa. Tugas dan tanggung jawab guru sangatlah besar. Tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran saja, tetapi guru juga mendidik dalam hal pengembangan nilai-nilai hidup. 

Perempuan pada hakikatnya adalah makhluk Tuhan yang diciptakan dengan keistimewaan. Mengandung, melahirkan, menyusui, dan merawat seorang anak adalah tugas perempuan yang tidak bisa digantikan oleh laki-laki. Peran perempuan juga sangat banyak, yaitu sebagai istri dan sebagai ibu. Sebagai istri adalah dimana perempuan sebagai pendamping suami yang mampu mensuport dan mendukung kesuksesan suami, dan sebagai ibu dimana pendidikan pertama seorang anak didapatkan dari ibunya. Pendidikan keluarga yang baik tergantung pada pola pendidikan yang diajarkan oleh seorang ibu dan ibu adalah salah satu penentu dari masa depan dan karakter seorang anak. 


Daftar Pustaka :

Ulfiyah . 2016. PSIKOLOGI KELUARGA, Pemahaman Hakikat Keluarga Dan Penanganan Problemaika Keluarga. Bogor: Ghalia Indonesia



0 komentar:

Posting Komentar