9.11.22

Pentingnya Hubungan Pemberdayaan Perempuan, Ekonomi, Dan Lingkungan

 Pentingnya Hubungan Pemberdayaan Perempuan, Ekonomi, Dan Lingkungan


Nama: Ulvi Isnaini

Nim: 21301410103

Dosen Pengampu: Arundati Shinta

Psikologi Lingkungan

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Siapa itu perempuan?

Perempuan merupakan bagian dari masyarakat yang lebih besar dibandingkan laki-laki.Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dari dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan. Antara laki-laki dan perempuan tidak ada perbedaan yangmencolok. Mereka mempunyai kedudukan, derajat, hak serta kewajiban yang sama.Bene D. M. Djasmoredj menjelaskan “laki-laki berbeda dengan perempuan”. Pernyataan ini dapat dikatakan berlaku universal. Perbedaan antara keduanya hanya terbatas pada perbedaan biologis. Perempuan sering digambarkan sebagai sosok yang lembut, cenderung mengalah, lebih lemah,kurang aktif dan keinginan untuk mengasuh. Sebaliknya, laki-laki sering ditampilkan sebagai seseorang yang besar, dominan, lebih kuat, lebih aktif,otonomi serta agresi. Dalam pengertian yang lain, perempuan dapat disamaartikan dengan wanita. Dalam bahasa Jawa wanita itu mempunyai pengertian “wani ditata”. Jadi perempuan itu orang yang berani untuk diatur. Perempuan sebagai salah satu sumberdaya manusia dalam pembangunan masyarakat merupakan salah satu unsur yang tidak boleh diabaikan. Kebijakan tentang kedudukan dan peran perempuan dalam pembangunan pembangunan harus memperhatikan keanekaragaman perempuan, kebutuhan, kepentingan, dan aspirasinya. Meskipun demikian, wanita juga mempunyai peran yang sama pentinya dengan lelaki. Perempuan juga bisa melakakukan pekerjaan seperti lelaki. Tidak hanya pada membantu perekonomian keluarga, namun juga berkontribusi pada lingkungannya.

Apa hubungan sampah dan perekonomian?

Banyak warga indonesia yang dihidup dibawah garis kemiskinan, namun hal itu tidak menyurutkan semangat warganya untuk terus melanjutkan hidup. Banyak diantara mereka yang menjadikan sampah sebagai peluang usaha. Pengetahuan mereka akan berbagai jenis sampah dan harga sampah membuat mereka rela bergelut dengan sampah disetiap harinya. Tidak hanya itu, sampah bagi kebanyakan orang dianggap sebagai sesuatu yang tidak berguna dan menjijikkan, mereka melihatnya sebagai barang yang berharga.

Apa hubungan antara wanita, ekonomi , dan lingkungan?

Ekonomi dan lingkungan sangat berkesinambungan. Dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan terhindar dari sampah, mereka juga dapat melanjutkan kehidupan dan memutar roda perekonomian. Tidak hanya para lelaki, namun wanita juga sama pentingnya dalam hal ini. Wanita yang bukan hanya berperan sebagai istri dan ibu namun peran mereka lebih dari itu. Selain mengerjakan tugas rumah dan mengasuh anak, wanita juga ikut membantu pekerjaan suaminya. Dengan segala hal yang bisa ia lakukan, mereka berkerjasama dengan para lelaki yang lain dan tidak ada yang membedakan pekerjaan antara lelaki dan perempuan.

Bagaimana sampah bisa menjadi uang?

Pemulung mengumpulkan sampah satu per satu dari tempat sampah dan tepat umum, kemudian setelah itu mereka membawanya kepada para pengepul sampah. Dari sanalah mereka mendapatkan upah hasil kerja kerasnya. Setelah sampah sampai dipengepul, sampah dipisahkan sesuai jenisnya setelah itu sampah disatukan dalam satu wadah berdasarkan jenis sampah. Jika sampah yang dikumpulkan sudah cukup banyak, sampah akan dibawa kebank sampah untuk diuangkan. Dari sinilah mereka mendapatkan uang untuk melanjutkan perekonomiannya.

Apa hubungan pemberdayaan perempuan dan lingkungan?

Dari peran perempuan pada perekonomian keluarga  serta lingkungan. Pemberdayaan perempuan juga sangat penting dilakukan. Pemberdayaan perempuan bisa dilakukan dengan pemberian pelatihan mengenai kegunaan sampah, jenisnya, dan cara mendaur ulang sampah hingga dapat menghasilkan uang. Dengan  menciptakan peluang usaha, meningkatkan keahlian dalam kerajian, hal ini juga dapat sangat berdampak pada lingkungan. Lingkungan akan terbebas dari sampah, adanya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Jika setiap orang peduli akan kebersihan lingkungan, maka kebaikan lingkungan akan kembali pada diri sendiri.

  

Daftar Pustaka
Fitriani, A. 2015. Gaya Kepemimpinan Perempuan. Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam. Vol 11 No 2. 5-24.

0 komentar:

Posting Komentar