6.11.22

Meringkas Youtube dan Opini Saya Tentang Waste generation and management- Sustainability | ACCIONA

Nama : Indarti wahyuningsih

Nim : 21310410052

Kelas : Sabtu Pagi 

                                                        Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arunati Shinta, Ma 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Topik

Mengolah Bahan Baku kemasan yang mudah untuk didaurulang dan merubah prilaku konsumen untuk menggunkan produk kemasan dan membuang sampah sesuai dengan bahan bakunya memudahkan pengolahan sampah.

Sumber

https://www.youtube.com/watch?v=DmFGsxLcT6k

Ringkasan

Pemanasan global dan eksploitasu sumber daya yang berlebihan timbulnya limbah adalah masalah utama misalnya setiap warga negara eropa menghasilkan sampah sekitar satu kona enam sembilan kilogram sampah per hari yang lebih dari enam ratus dua puluh kilogran per hari. Beberapa tahun dari 60% timbulnya sampah hasil wadah dan kemasan produk yang sering dibuat untuk dibuat setelah sekali pakai. Saat ini pengolahan sampah di fokuskan pada pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir atau pembakarannya. Beberapa hal timbulkan oleh sampah dapat menimbulkan resiko serius untuk lingkungan,makluk hidup dan kesehatan masyarakat gagal mengurangi konsumsi sumber daya bahan baku dan energi tidak dapat mengatasi penyebab masalah model konsumsi tetepi hanya konsekuensi pengolahan limbah sampah saat ini model produksi dan konsumsi terutama linier itu apakah itu terdiri dari urutan dan tahapan sumberdaya yg digunakan.

Limbah - limbah yang di hasilkan mengurangi kualitas tanah dan menyebabkan penurunan kualitas udara yang menjadi tercemar memicu pemanasan global polusi ini juga memiliki konsekuensi serius bagi tumbuhan, hewan dan bagi kesehatan masyarakat. kehidupan untuk manusia.

Cara memerangi efek ini adalah mulai dengan mengubah mode produksi dan konsumsi kita dari ekonomi linier ke ekonomi sirkular untuk melakukan perlu bagi perusahan dan konsumen untuk berubah cara berfikir dan bertindak perusahan harus merancang produk sesuai dengan pendekatan ekonomi sirkulasi menggunkan limbah sebagai bahan baku dan menggurangi penggunaan sumber daya tetapi konsumen juga  memiliki tanggung jawab yang besar untuk menggunakan produk secara bertanggung jawab.

Konsumen di haruskan membuang sampah ke dalam wadah sesuai bahan baku sampah yang di buat untuk membantu petugas dan proses daur ulang.

Semua perusahan dan konsumen wajib mendukung untuk mengurangi sampah sulit untuk daur ulang dan menjaga bumi agar menciptkan masa depan yang lebih baik bagi semua orang

Opini Saya

Membuat bahan baku yang digunkan oleh perusahan untuk kemasan yang mudah didaur ulang dapat menjaga lingkugan dan merubah prilaku konsumen untuk bijak mengunkan bahan - bahan yang mudah didaur ulang dan membuang sampah sesuai warna yang di sediakan berfungsi penampungan sampah sesuai warnanya seperti warna hijau berarti sampah organik (daun, sisa makanan, ranting), warna kuning seperti sampah guna ulang (plastik, kaca, kaleng) lampu, aki, obat nyamuk), warna merah seperti sampah B3/Bahan Berbahaya dan Beracun (baterai, Alat medis) warna biru untuk sampah daur ulang (kertas, kardus, koran), warna abu-abu untuk sampah residu (puntung rokok, popok, tisu, kapas). Sedikit cara kecil untuk menjaga lingkungan dan bumi kita agar tidak tercemar dimulai dari diri kita sendiri.

 




0 komentar:

Posting Komentar