6.11.22

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG LINGKUNGAN

 MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG LINGKUNGAN

Air Sehat Untuk Rakyat

Oleh: Humairah Natsir

Program Studi Psikologi Umum

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022

Essay 1

Essay ini dibuat sebagai syarat mengikuti UTS mata kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu Ibu Dr. Arundati Shinta, MA



Topik:

     Solusi penangan zat kimia Bisphenol-A (BPA) pada air minum dalam kemasan galon yang memicu keresahan rakyat. 

Sumber:

     Kompas opini. (2022). Air Sehat Demi Rakyat. Kompas. 23 September, hal. 6.

Ringkasan:

   BPA adalah zat kimia pengeras plastik untuk memproduksi kemasan galon berbahan polikarbonat. Paparan BPA ini muncul pasca-produksi, ketika proses pendistribusian hingga sampai ke konsumen. Paparan BPA berlebih pada air jika dikonsumsi tubuh dapat mengganggu sistem reproduksi dan sistem kardiovaskular, memicu kanker, diabetes, obesitas, penyakit ginjal, dan perkembangan otak dapat terganggu khususnya pada anak. 

     Badan Pegawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberi hasil uji migran BPA pada 2021-2022 yang menunjukkan kandungan BPA dalam air galon melebihi ambang batas 0,6 bagian per juta (ppm) di enam daerah, di Medan, Sumatera Utara, mencapai 0,9 ppm. 

      Setidaknya tersedia dua alternatif solusi terkait zat kimia Bisphenol-A pada air minum dalam kemasan galon yaitu peningkatan kualitas air perpipaan. Perlu dibangun sistem yang mempuni berskala nasional yang bisa diterapkan diberbagai wilayah untuk mentransformasikan air baku menjadi air minum. Dan solusi terkait air galon yang mengutamakan keamanan dan kesehatan. Memastikan kualitas galon yang sesuai standar kesehatan, proses pendistribusiannya, peraturan dan sistem produksi akan tersedianya air sehat untuk rakyat. 

Permasalahan:

        Terdapatnya paparan zat kimia Bisphenol-A (BPA) pada air minum dalam kemasan galon melebihi ambang batas 0,6 bagian per juta (ppm) tak kunjung menemukan solusinya yang memicu keresahan rakyat karena jika dikonsumsi akan berbahaya bagi tubuh. 

Opini saya:

      Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) perlu melakukan uji hasil migran BPA dan memberikan standar air minum layak konsumsi yang bisa di distribusikan demi kesehatan rakyat. 

       Saya dan keluarga sebagai rakyat yang mengkonsumsi air kemasan galon. Sebelum mengkonsumsi air tersebut, air didihkan terlebih dahulu sehingga setidaknya dapat mematikan atau mencegah konsumsi air yang dapat menjadi sumber penyakit. 

         

0 komentar:

Posting Komentar