6.11.22

 

MERINGKAS VIDEO YOUTUBE  DAN OPONI SAYA TENTANG WHAT HAPPENS TO YOUR RUBBISH AND RECYCLING?

Oleh:

Meli Nur Hidayah (21310410085)

Kelas A (Reguler)

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A

Psikologi Lingkungan (Essay 2)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Semester Ganjil T.A 2022/2023


Topik

Membahas tentang apa yang terjadi pada sampah yang kita hasilkan dan bagaimana sampah tersebut di daur ulang.

Sumber

https://youtu.be/UobUeLtLw84

Ringkasan

Setiap hari nya kita menghasilkan sampah, tapi apakah kita tau kemana sampah yang kita buang itu pergi? Dan bagaimana sampah itu di daur ulang? Sampah yang di kumpulkan di tepi jalan di masukan ke dalam kantong sampah dan serpihan kaca di masukan ke dalam peti kecil kemudian di bawa oleh truk pengakut sampah ke TPA untuk di daur ulang. Setiap minggu hampir terkumpul sekitar 800 ton kantong yang berisikan sampah. Namun dari sedemikian banyaknya hanya sedikit sampah yang dapat di tampung karena keterbataskan lahan. Sehingga kita harus mengurangi sampah rumah tangga. Sampah yang ada di TPA di sortir untuk di daur ulang dan memisahkan dengan sampah yang tidak bisa di daur ulang. Kertas karton di pisahkan dengan botol botol minuman. Setelah sampah kertas dan kraton terkumpul kemudian di kirim ke pabrik pembuatan kertas untuk di daur ulang. untuk sampah plastic  di sortir menjadi beberapa jenis botol susu botol minuman dan plastic lainnya. Untuk botol susu yang di kumpulkan di masukan ke dalam container kemudian di kirim ke luar negeri ke pabrik plastic, mereka mencabik cabik kemudian di bentuk menjadi pipa pembuangan dll. Kemudian untuk sampah botol kaca di kumpulkan dan  di kirimkan ke aucklan untuk di bersihkan dan di jadikan Kembali botol susu yang sama. Bagaimana kami dapat mengurangi sampah rumah tangga? Salah satu cara yang dapat di gunakan adalah dengan membuat sampah tersebut menjadi kompos, kemudian kompos tersebut dapat di gunakan untuk menyuburkan tanah untuk menanam. Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan tas belanja sendiri dan mengurangi membeli produk yang memiliki kemasan plastic yang berlebihan.

Permasalahan               

Sampah yang di hasilkan setiap minggunya mencapai 800 ton. Namun tempat pembuangan yang memiliki keterbatasan membuat sampah yang di tampung sedikit. Sampah yang ada di TPA harus di sortir agar bisa di daur ulang. Masih minim kesadaran orang untuk mengurangi limbah rumah tangga.

Opini Saya

Pendapat saya mengenai video tersebut adalah mesti adanya kesadaran dari setiap individu untuk bijak dan mengurangi limbah rumah tangga yang di hasilkan, thendaknya kita sadar bahwa masalah sampah menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya tanggungjawab petugas kebersihan saja. Hal kecil yang bisa kita lakukan adalah dengan menyortir sampah agar mempermudah petugas kebersihan sehingga proses daur ulang lebuh cepat dan efisien, kemudian kitab isa mengumpulkan limbah dapur untuk di buat kompos. Jika hal hal kecil itu bisa di lakukan oleh semua orang, tidak di pungkiiri jika masalah sampah sedikit bisa teratasi.

 


 

0 komentar:

Posting Komentar